Rumah yang memiliki gaya Victoria biasanya identik dengan nuansa gotik yang megah dan unik. Dominic McKenzie, seorang arsitek asal London, merenovasi sebuah rumah bergaya Victoria di wilayah Hampstead dengan menambahkan sentuhan minimalis. 






Sebelum renovasi yang dilakukan Dominic McKenzie, rumah yang berukuran cukup besar ini sudah melalui banyak renovasi lainnya. Renovasi yang terus menerus dilakukan secara bertahap mengurangi identitas asli dari bangunan ini sendiri.


Baca juga, 10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia


Hunian Bergaya Victoria yang Minimalis


Tetapi, walaupun kehilangan beberapa identitas aslinya, bangunan ini justru berhasil menerima banyak identitas baru dari perubahan-perubahan tersebut. Identitas baru yang diterima adalah hadirnya sentuhan-sentuhan minimalis yang menciptakan gaya bangunan Victoria yang berbeda dengan yang ada. 


Hunian Bergaya Victoria yang Minimalis


Salah satu perubahan yang diberikan Dominic McKenzie pada bangunan rumah ini adalah penggantian extension pada bagian belakang rumah menjadi tiga gable roof atau atap pelana yang berjajar. Atap pelana ini menciptakan siluet yang mirip dengan tiga rumah kecil yang berjajar.




Hunian Bergaya Victoria yang Minimalis


Perubahan tidak hanya hadir pada eksterior dari bangunan di Hampstead ini, tetapi juga pada area interior. Interior dengan gaya Victoria yang dipenuhi ukiran-ukiran khas yang rumit berubah menjadi ruangan bergaya minimalis dengan bentuk-bentuk yang sederhana dan santai serta warna-warna netral yang natural. Perubahan ini menambah suasana nyaman pada hunian.


Baca juga, 20 Pilihan Lengkap Desain Tangga Rumah Minimalis


Hunian Bergaya Victoria yang Minimalis


Sengaja tidak menghapus ciri khas dari gaya Victoria secara keseluruhan, Dominic McKenzie menghadirkan aksen lampu gantung bergaya gotik dan perapian dengan bebatuan yang identik dengan gaya gotik yang dimiliki gaya Victoria.


Dilansir dari: Wallpaper*

Sumber teaser dan foto: Wallpaper* dan Dominic McKenzie Architects

Teks oleh: Shabrina P. Nisakara