Selain furnitur, kitchen set atau lemari dapur adalah salah satu elemen interior yang penting. Memang dapur yang hanya dilengkapi oleh meja, kompor, dan sink sudah bisa digunakan untuk memasak; selayaknya saat Anda membeli apartemen pertama kali. Namun, dapur tanpa lemari atau kabinet tentunya akan menyulitkan karena Anda tidak memiliki tempat penyimpanan.


Selain desain dapur secara keseluruhan, pemilihan dekorasi dan storage di dapur juga mengambil andil yang besar untuk membuat dapur terlihat cantik dan menyenangkan. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat dapur cantik adalah kerapian, setelah itu dekorasi.




Peletakan peralatan dapur juga bisa disiasati dengan storage-storage tersembunyi demi memaksimalkan ruang. Berikut ini 8 ide dan inspirasi lemari dapur minimalis yang bisa Anda tiru di rumah:


1. Lemari dapur minimalis yang menempel dengan ceiling (langit-langit)

Jangan sia-siakan area yang Anda miliki, apalagi rumah ini termasuk rumah minimalis yang compact. Rancang kitchen set minimalis yang menyambung hingga ke ceiling. Gunakan warna biru untuk nuansa yang lebih nyaman dan lapang. 


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Metamoorfose Studio / Ana Mello


Kabinet TV yang diperpanjang hingga 78 sentimeter bisa Anda manfaatkan sebagai meja makan. Ini adalah solusi desain yang cocok bagi pasangan muda. Cukup gunakan bench sebagai fasilitas duduk agar memberikan kesan ruang yang luas. Bentuk furnitur tanpa sandaran akan mudah disimpan saat selesai digunakan.


2. Sentuhan kayu di tengah lemari dapur putih

Untuk penghuni rumah menginginkan suasana kasual untuk dining room di rumah, gabungkan area pantry dan ruang makan dengan menambahkan 3 stool. Hadirkan rak buku pada island table bagi Anda yang memiliki hobi membaca.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

James Goodlet - Alter Eco Design / Nikole Ramsay


3. Warna yang senada di dapur minimalis

Memiliki dapur dengan warna senada antara kitchen set dengan meja makan bisa menambah kesan minimalis di rumah. Apalagi ditambah dengan desain kitchen set rapi tanpa handle yang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi penghuninya.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Harrison Interiors / Bek Sheppard / Caitlin Mills Photography


4. Siasat ruang apartemen yang terbatas dengan warna natural

Apabila tidak didesain secara tepat, apartemen dengan luasan 24 m2 ini dapat sesak dan membosankan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sliding panel kayu untuk menutupi elemen dapur dan menentukan fungsi apartemen secara spesifik dan memberikan batas visual di dalam apartemen.





Baca juga, 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


5. Warna abu-abu yang elegan di dapur

Bagi Anda yang senang dengan gaya minimalis, tapi tidak suka terlalu polos: Anda bisa menggunakan desain kabinet dengan profil yang simpel. Warna abu-abu terang pada kitchen set atau lemari dapur akan terlihat elegan di hunian Anda. Lampu bulat putih pada dining area sangat menyolok serta mendominasi area ruang.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Sheena Murphy


6. Lemari dapur minimalis bawah tangga

Begitu banyak cara memaksimalkan area bawah tangga, salah satunya menjadi kabinet dapur. Lebar tangga umumnya berukuran 90-100 cm. Ukuran atau kedalaman lemari di bawah tangga tidak selalu harus mengikuti lebar tangga tersebut. Lebar lemari bawah tangga bisa hanya setengahnya, misalnya 45-50 cm.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Mel Bright / Peter Bennetts


Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


7. Ukuran yang nyaman di dapur kecil

Standar ukuran untuk sirkulasi gerak di dapur adalah 120 sentimeter. Ini adalah ukuran minimal yang nyaman untuk memasak, mengambil bahan makanan, dan berjalan. Jika ingin menghadirkan meja makan di dapur namun luasan dapur Anda tergolong kecil, meja makan lipat adalah solusinya. Mudah diletakkan, tidak memakan area, dan tetap efisien jika butuh ruang makan yang lebih besar.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Patti Home


8. Desain lemari dapur minimalis untuk apartemen

Untuk dapur di apartemen, siasati dengan peralatan dapur yang ringkas, seperti kulkas berukuran kecil, kompor portable, dan microwave. Pemilihan ukuran peralatan dapur yang disesuaikan dengan luasan area akan membuat Anda leluasa beraktifitas. Kombinasikan kabinet dan rak gantung agar dapur terlihat lebih lega.


8 Ide dan Inspirasi Lemari Dapur Minimalis

Common Living

Sumber foto teaser: James Goodlet - Alter Eco Design / Nikole Ramsay