Pernahkah melihat sebuah rumah dengan interior dan eksterior didominasi dengan batu alam? Saat ini penggunaan batu alam dalam dunia desain interior dan eksterior menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun sekaligus mendesain sebuah rumah. Jika untuk interior rumah modern, batu alam biasanya digunakan dinding, lantai hingga untuk pilar rumah.

Selain warna dan jenisnya yang ada di pasaran sangat beragam. Kesan cantik dan mewah menjadi alasan lain ketika memutuskan menggunakan batu alam untuk menghiasi interior ataupun eksterior rumah. Bahkan nilai jual rumah pun akan bertambah ketika finishing hunian menggunakan batu alam.

Ketika memutuskan untuk menggunakan batu alam, tentu yang harus dipikirkan adalah mengetahui jenis-jenis batu alam yang cocok untuk rumah Anda. Berikut ini CASA Indonesia memberikan informasi seputar lima jenis batu alam yang bisa Anda aplikasikan di rumah.




1. Batu Alam Putih


Batu Alam Putih

Erth Coverings


Batu alam berwarna putih ini akan menampilkan kesan clean and clear. Penggunaan batu alam putih ini sangat cocok untuk tipe rumah minimalis. Proses terbentuknya batu ini karena adanya proses pengendapan butiran-butiran pasir. Jenis batu ini biasa disebut juga batuan sandstone. Kebanyakan batu alam putih ini ditemukan dari Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Batu ini bisa dibelah menjadi sebuah lempengan yang tipis sehingga akan lebih mudah digunakan sebagai pelapis dinding rumah. Tidak hanya untuk dinding, batu alam jenis ini juga cocok digunakan untuk lantai rumah sebagai bagian dari elemen dekoratif.


Baca Juga: Lagi renovasi? Ini 22 Motif Lantai Keramik Kamar Mandi


2. Batu Alam Hitam


Batu Alam Hitam untuk Dinding Kamar Mandi

Distro Home


Batu alam hitam ini saat ini menjadi warna favorit yang banyak dipilih dalam untuk eksterior ataupun interior ruangan rumah. Warna hitam ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki sifat tegas, kuat, berani, namun tetap elegan dan mewah. Bahkan warna hitam sangat cocok jika dipadukan dengan warna apapun.

Biasanya batu warna hitam ini cocok untuk berbagai dekorasi baik untuk tiang rumah ataupun lantai. Sifatnya yang keras dan tahan akan goresan, sehingga cocok untuk dinding rumah. Bentuknya yang unik, sering digunakan sebagai material konstruksi bangunan hingga ornament bangunan.

Selain memberikan kesan elegan dan mewah, penggunaan batu hitam ini juga unggul dari harga. Biasanya rumah dengan ornamen batu alam hitam ini membuat harga jualnya menjadi lebih mahal. Jadi, menggunakan batu alam hitam pada rumah sama saja dengan investasi pribadi.


Baca Juga: 12 Ide Interior Minimalis yang Bikin Betah di Rumah


3. Batu Alam Marmer


Batu Alam Marmer



Architonic


Tentu Anda pasti familiar dengan jenis batu jenis ini. Batu ini memiliki tekstur yang unik dengan gabungan-gabungan warna dan juga corak sehingga cocok untuk dinding hingga elemen interior lainnya di dalam ruangan. Selain dinding, penggunakan batu marmer ini juga biasa digunakan untuk lantai.

Menggunakan batu ini kesan mewah pada rumah akan ditonjolkan, sehingga ini menjadi pilihan banyak orang. Karakternya yang dingin mampu mambuat ruangan menjadi dingin dan sejuk ketika di luar suhunya panas. Meskipun demikian, jenis batu ini justru sensitif terhadap pada perubahan cuaca. Sehingga hindari menggunakan batu marmer untuk ruangan-ruangan outdoor yang sering terkena hujan dan panasnya matahari.

4. Batu Alam Granit


Batu Alam Granit untuk Ruang Dapur

Stone Center Inc


Jenis batu ini juga merupakan batu yang menjadi favorit untuk hunian karena katakternya yang kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca. Selain itu, warnanya yang memiliki kesan fresh dan natural batu ini cocok untuk digunakan sebagai pelapis dinding, lantai, hingga dinding kamar mandi. Bahkan ketahanan batu ini terhadap suhu yang tinggi, batu ini juga sering dipilih untuk permukaan ruang dapur.

Baca Juga: 16 Macam Arsitektur Rumah Paling Populer dan Sejarahnya


5. Batu Alam Andesit


Batu Alam Andesit di Area Kolam Renang

Natural Stone Indonesia


Selain batu alam berwarna putih, jenis batu andesit juga bisa digunakan untuk rumah dengan konsep minimalis. Anda bisa mengaplikasikan batu andesit ini untuk dinding luar rumah, hingga bisa untuk pagar rumah.

Strukturnya yang keras membuat jenis batu alam ini menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan batu lainnya. Motifnya yang unik dan indah karena teksturnya terlihat seperti tekstur kayu. Hal inilah yang membuat harga batu andesit menjadi lebih mahal.

Itulah lima jenis batu alam yang cocok dan bisa diaplikasikan untuk mempercantik rumah. Mana yang akan menjadi pilihan Anda?


Foto teaser: home-designing.com