Pandangan pertama saat masuk ke dalam ruangan adalah dinding, terutama kamar mandi. Karena ukuran kamar mandi yang cenderung kecil atau memanjang, maka dinding kamar mandi sangat berpengaruh besar dalam menciptakan nuansa di kamar mandi.


Untuk menghindari penyerapan air di dinding kamar mandi, sangat disarankan menggunakan keramik. Namun apakah butuh dipasang menyeluruh hingga sampai ke ceiling (langit-langit)? Semua kembali kepada budget Anda. Jika Anda ingin desain yang all out, Anda bisa memasang seluruh keramik atau granit di dinding kamar mandi.




Namun jika hanya ingin menjaga kelembapan yang baik di kamar mandi dengan budget terbatas, Anda bisa memasang keramik atau granit hanya 2 meter saja atau setinggi pintu kamar mandi. Berikut ini 8 tips dan ide menarik untuk dinding kamar mandi yang bisa Anda tiru.


1. Aksen dinding yang simple namun berkesan

Kamar mandi berpalet hitam putih dan sedikit sentuhan emas hadirkan kesan maskulin yang berbeda bagi tampilan kamar mandi. Pemasangan jendela besar pada kamar mandi tidak hanya membantu cahaya matahari masuk, menghadirkan sensasi relaksasi saat membersihkan diri.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

Desain interior oleh Taylor Pressly Architects dan Arsitektur oleh CLP Architecture / Tom Blachford


2. Mozaik putih kecil di sekitar bathtub

Kamar mandi yang mungil bisa disiasati dengan menggunakan customized unibath berukuran compact serta palet warna dinding yang terang. Pencahayaan alami juga memberikan andil yang besar untuk memperluas ruangan.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

Arsitektur oleh Muhammad Sagitha dan Wiyoga Nurdiansyah / Sefval Mogalana


3. Aksen warna yang mengemaskan

Jadikan dinding kamar mandi Anda menarik dengan bentuk keramik yang persegi panjang atau cenderung pipih. Pasang posisi vertikal untuk kesan ruang yang tinggi. Untuk mengimbangi warna abu-abu pada dinding beton ekspos, kamar mandi ini menggunakan colour-changing shower screen. Refleksi produk sanitasi berubah menjadi warna pop serta berperan sebagai aksen yang seru dan menarik.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

Arsitek Sadjie dan Desain Interior Rainville Sangare / Maxime Brouillet


4. Keramik kotak yang simpel tapi tetap trendy

Untuk memberikan kesan yang berbeda, dinding kamar mandi juga bisa dipasang diagonal atau berbentuk belah ketupat. Toto seri Toja karya Alvin-T ini bisa dijadikan contoh untuk perpaduan dinding dan lantai berwarna putih dengan material kayu.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

Toto




5. Keramik dinding bertekstur 3D yang elegan

Jika kamar mandi di rumah Anda berukuran kecil, maksimalkan pencahayaan dengan menambahkan skylight pada ceiling. Terapkan paduan tile berwarna putih, dinding batu alam, dan kayu berwarna coklat muda agar mencerahkan suasana di kamar mandi.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis 

Dean Schmideg


Baca juga, 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana Namun Elegan


6. Mozaik adalah dekoratif dinding paling menarik untuk kamar mandi

Shower box berupa cermin bisa dapat memberikan efek lapang untuk kamar mandi mungil. Warna yang netral seperti cokelat, putih, dan abu-abu bisa menambah rasa relax di kamar mandi.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

P3 Comforts dari Duravit


7. Motif unpolished concrete untuk konsep industrial  

Jadikan bathtub terlihat mencolok di antara dinding dan lantai kamar mandi yang berwarna senada. Agar ruangan tidak terasa monoton, Anda bisa sematkan hidden lamp di tengah-tengah dinding untuk kesan yang dramatis. Dengan bentuk kamar mandi seperti ini akan terasa begitu relax.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

A&Partners / Masuria Sudjana


Baca juga, Lagi renovasi? Ini 22 Motif Lantai Keramik Kamar Mandi


8. Motif heksagon untuk kamar mandi minimalis dan kekinian

Gabungkan motif teraso dengan motif heksagon pada dinding untuk memberikan permainan visual. Motif teraso tampil serasi dengan produk sanitasi berwarna putih.


8 Tips dan Ide Dinding Kamar Mandi Minimalis

Arent & Pyke / Tom Ferguson


Foto teaser: Arsitek Sadjie dan Desain Interior Rainville Sangare / Maxime Brouillet