Lemari pakaian merupakan salah satu jenis furnitur rumah yang wajib ada di rumah. Ada banyak jenis, model, material hingga harga lemari pakaian yang ada di pasaran. Harga yang sangat bervariasi ini membuat tidak jarang orang yang measa bingung menemukan patokan harga yang cocok.


Tidak hanya lemari pakaian, ketika ingin memilih furnitur rumah ada beberapa faktor penting yang dalam menentukan harga sebuah lemari pakaian yang ideal. Tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah. Apa saja faktor yang menentukan harga lemari pakaian? Cek ulasan CASA Indonesia berikut ini




Desain Lemari Pakaian


Desain Lemari Pakaian

Homedit.com



Memang setiap jenis furniture mempunyai desain yang berbeda-beda demi untuk membuat indah dilihat oleh mata. Termasuk juga untuk lemari pakaian yang memiliki desain yang unik dan berbeda, seperti lemari gaya minimalis, lemari dengan gaya klasik ala Eropa, hingga model lemari standar. Berbagai macam desain ini tentu akan sangat berpengaruh pada harga lemari tersebut.


Semakin unik desain, ini akan menentukan kesulitan dalam mendesain lemari tersebut dan menyebabkan harga akan semakin mahal.


Baca Juga: Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


Fitur Lemari Pakaian


Fitur Lemari Pakaian

Cambell Watson


Selain desain, faktor lainnya yang mesti diperhatikan adalah fitur-fitur yang ada di lemari tersebut. Baik ukuran yang besar ataupun kecil, fitur-fitur seperti tambahan penggunaan bahan metal, cermin, handle, kaki-kaki hingga proses finishing akhir yang nantinya memengaruhi harganya. Semakin banyak fitur tambahan yang ada di lemari tersebut, harganya akan semakin mahal.


Bahan atau Material yang Digunakan


Lemari Pakaian dari Kayu

Handmade Furniture


Prinsip ekonomi akan juga ada dalam menentukan harga lemari. Salah satunya adalah mengetahui dan melihat bahan atau material yang digunakan dalam proses pembuatan lemari. Namun memang bahan yang paling umum dan biasa digunakan untuk membuat sebuah lemari adalah kayu.


Menggunakan material kayu, lihat lagi karena ada beberapa jenis kayu yang digunakan. Ada kayu plywood dan particle board yang merupakan material komposit atau bahan manufaktur. Jika dengan material ini, kemungkinan harganya akan lebih murah. Namun jika menggunakan material kayu asli atau solid seperti kayu jati, ini akan membuat harga lemari akan lebih mahal.


Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Lemari Kayu Agar Tahan Lama




Ukuran, Besar atau Kecil dari Lemari Pakaian


Ukuran Lemari Pakaian

Made.com


Ukuran lemari, baik besar atau kecilnya biasanya dilihat dari jumlah pintu, namun ini tergantung kebutuhan dari Anda. Untuk ukuran minimal satu pintu berkisar antara 50-60 cm. Dengan begitu, Anda ingin memiliki lebih dari satu pintu maka cukup mengalikannya ukuran tersebut dengan jumlah pintu yang diinginkan.


Sementara untuk lebar lemari pakaian biasanya sekitar 45-60 cm. Jika dari tinggi, pada umumnya lemari memiliki tinggi minimal 180-200 cm, namun ada tinggi lemari yang mencapai 300 cm. Secara otomatis, semakin besar dan tinggi, maka ini akan menyebabkan harga lemari pun akan semakin mahal.


Jenis Instalasi Lemari Pakaian


Jenis Instalasi Lemari Pakaian

Decoratorist


Mengetahui harga dari lemari baju ataupun pakaian bisa dilihat dari jenis instalasi dan juga pembuatannya. Sudah menjadi hal yang lumrah ketika menginginkan jenis dan model lemari, tentu dibuat secara custom dan ini jelas mempenagaruhi harganya.


Faktor ini jelas, karena ini akan mempertimbangkan dari sisi desain, model, sistem instalasi atau pemasangannya, bahkan hingga fitur-fitur yang ditambahkan yang tentunya akan berbeda dari lemari pakaian biasa.


Baca Juga: Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru


Style Pintu dan Laci Lemari Pakaian


Lemari Pakaian dengan Pintu Geser

ArchiExpo


Apakah Anda lebih menyukai jenis lemari dengan menggunakan pintu engsel atau justru menyukai pintu geser? Kedua jenis ini akan bisa menjadi salah satu faktor menentukan pada harga lemari. Apalagi jika Anda lebih memilih pintu geser, karena biasanya ini akan menggunakan sistem bypass atau pocket.


Selain jenis pintu, jumlah rak dan laci yang ada di dalam lemari pun akan menjadi faktor penentu dari harga lemari. Analoginya jika semakin banyak laci dan rak, maka bahan dan proses pembuatannya akan bertambah sehingga ini membuat harga lemari menjadi lebih mahal. Namun, biasanya untuk lemari dengan rak terbuka akan jauh lebih terjangkau. Ini semua tergantung dari kebutuhan Anda.


Dalam memilih dan menentukan lemari ideal sebagai tempat menyimpan pakaian, harga menjadi faktor paling utama dan juga sangat penting. Namun jangan demi harga yang murah, Anda tidak memperhatikan kualitas dan ketahanan lemari pakaian tersebut sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu panjang.


Foto teaser: Mattressman.co.uk