Memperbarui tampilan sebuah hunian dengan memadukan bangunan lama dan baru dapat menjadi solusi agar rumah kembali terasa dinamis. Arsitek Pooritat Kunurat selaku kepala dari biro Proud design co., ltd menggagas terobosan baru dalam menciptakan rupa baru bagi kediaman pribadinya. 







Berlokasi di Chiang Mai, Thailand, hunian lawas diubah dengan menambahkan bangunan baru dan menyematkan rupa berbeda pada bagian fasadnya. Rumah seluas 370 meter persegi tersebut dibubuhi serangkaian eksplorasi arsitektural hingga ke bagian dalam.




Arsitek selaku pemilik hunian berusaha memanfaatkan segala jenis material lokal dan ramah lingkungan serta ragam kerajinan khas daerah setempat bersama rancangan berparas tropis modern.


Baca juga, Rumah Kembar untuk Kakak Beradik, Serupa Tapi Tak Sama!


Dalam rancangannya, area living room dan ruang makan dipisahkan dengan taman kecil. Sementara itu, kolam renang yang berada di tengah hunian dibuat dengan menggunakan batu sukabhumi berwarna hijau guna menambah keserasian dari sentuhan tropis yang mendominasi keseluruhan rumah.




Ruang makan didesain sebagai penghubung antara bangunan lama dan baru sekaligus berfungsi sebagai ruang komunal di mana para anggota keluarga dapat berkumpul. 






Keberadaan tangga di dua sisi bangunan menjadi penyambung dua bagian utama rumah sehingga aktivitas privat penghuni tetap dapat terjaga.


Baca juga, Hotel Instagrammable di Kuala Lumpur yang Sedang Hits


Di lantai dua, terdapat ruang-ruang privat bagi keluarga seperti kamar tidur anak dan kamar tidur utama. Material kayu jati adalah material yang mendominasi untuk memberi nuansa alami pada bagian dalam hunian dengan kulit bangunan yang didominasi oleh material concrete.




Harmonisasi paras tropis modern kian diperkuat dengan desain kamar tidur utama yang dibuat seakan berada di atas air. Dengan material kaca sebagai lantai bangunan, kamar tidur utama memiliki pemandangan ekstra.


Baca juga, Rumah ini Dahulunya Merupakan Bangunan Sekolah!


Pencahayaan alami tetap dapat masuk secara bebas pada bagian kolam renang karena sepertiga bagian dari langit-langit kamar tidur utama di lantai dua turut menggunakan kaca. Untuk menghindari udara panas yang terperangkap oleh kaca, bukaan ruang serba luas adalah solusi yang tepat agar sirkulasi udara tetap mengalir bebas. 




Kesepadanan ruang dan tampilan yang baru dari sebuah hunian lama menjadi nilai utama yang ingin disajikan oleh arsitek Pooritat Kunurat. Wajah segar khas tropis merupakan latar utama dalam mendesain sinergi antar ruang di dalam hunian. Saat hunian lama sudah tampak usang dan lelah dimakan usia, merombaknya dengan sesuatu yang baru akan menciptakan gairah baru dalam kehidupan. 


Teks oleh: Prastia Putra
Sumber foto + teaser: Dok Sarawut Doungwa - Room Magazine
Arsitektur oleh: Proud design co., ltd