Dunia arsitektur kini harus merelakan talenta legendarisnya, yaitu arsitek Vittorio Gregotti. Beliau telah menutup usia pada 15 Maret 2020 akibat penyakit pneumonia usai didiagnosa positif terjangkit Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 atau Covid-19.


Sang arsitek kelahiran Novara, Italia ini dikenal akan perannya dalam menciptakan fondasi atas Venice Architecture Biennale yang kini dikenal sebagai ajang arsitektur ternama di dunia.


Baca juga, Ayo Sehat! Berantas Corona di Rumah dengan 10 Tahap Ini


Wafatnya Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / Grand-Theatre-de-Provence-di-Prancis / F Torasso

Grand Theatre de Provence di Prancis / F Torasso


"I agreed to do it only if we also had a small first exhibition of architecture," ucap Gregotti dalam sebuah wawancara yang memperbincangkan asal muasal dari festival arsitektur ini.


Melalui perannya sebagai kurator dalam pameran bertajuk Regarding The Stucky Mill (1975), ia berusaha menonjolkan topik arsitektur dalam ajang yang berlangsung pada tahun 1980. Arsitek yang menutup usia di rumah sakit San Giuseppe, Milan, Italia ini merancang pameran sebagai medium eksplorasi akan proses kreatif terhadap sebuah pabrik lumbung di kawasan Giudecca.


Wafatnya Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / Marassi stadium di Genoa / Archistadia

Marassi Stadium di Genoa / Archistadia


Wafatnya Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / Olympic-Stadium-Lluís-Companys-(1992)-by-Correa-Milá-Margarit-Buixadé-Architects-and-Gregotti-Associati-International / Diliff

Olympic Stadium Lluís Companys (1992) oleh Correa Milá Margarit Buixadé Architects dan Gregotti Associati International / Diliff


Sejak mendirikan Gregotti Associati International pada tahun 1974, sebagian besar karya beliau termasuk dalam kategori bidang olahraga dan budaya. Salah satu karya legedarisnya adalah Barcelona Olympic Stadium serta Marrasi Stadium di Genoa yang turut digunakan saat World Cup tahun 1990.


Baca juga, Wanda Metropolitano di Madrid, Stadion Terbaik di Dunia


Wafatnya Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / Project's Masterplan for Bicocca's requalification / Gregotti Associati International



Project's Masterplan for Bicocca's requalification / Gregotti Associati International


Wafatnya-Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / The-Invention-of-Territory Center-Pompidou

The Invention of Territory untuk Center Pompidou / Vittorio Gregotti


Beliau mengaku, usai mengunjungi studio arsitek Auguste Perret saat menjalani studi di Politecnico Milano membuatnya memperteguh pilihan dalam mengusung karir di bidang arsitektur. Dalam karirnya, Gregotti cenderung fokus akan isu seputar urban planning yang menghantarkan ia dalam merancang seluruh kota, yaitu Pujiang New Town di Shanghai, Tiongkok.




Dalam bidang arsitektur, proyek ciptaannya kerap disandingkan dengan langgam rationalist. Sehingga sesuatu yang beraturan, simetris, dan berulang merupakan modus operandi dalam studio perancangannya.


Baca juga, Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!


Wafatnya-Arsitek-Vittorio-Gregotti-akibat-corona / Belem-Cultural-Center di Lisbon / Joao Carvalho

Belem Cultural Center di Lisbon / Joao Carvalho


Selain sebagai arsitek, beliau dikenal sebagai theorist yang mengulik perihal modernist serta pergerakan yang terjadi pada abad ke-20. Seakan tak membatasi spektrum kemampuannya, ia turut mengemban peran sebagai editor-in-chief majalah Casabella dari 1955 hingga 1963.


Wafatnya-Arsitek-Vittorio-Gregotti-akibat-corona / Majalah Casabella edisi Italia No 264

 Majalah Casabella edisi Italia No 264 / Vittorio Gregotti




Foto teaser: Wafatnya Arsitek Vittorio Gregotti akibat corona / Pierluigi Cipelli