Event olahraga dengan skala dunia seperti Olimpiade tentu tidak akan bisa luput dari banyak pasang mata. Tidak hanya berkutat pada cabang olahraga yang diadakan dan para atlet yang bertanding, kota penyelenggaranya pun akan mendapatkan sorotan yang tak kalah hebatnya.


Bangunan Atap Kayu Terbesar Di Dunia Kini Ada Di Jepang




Di tahun 2020 ini, Tokyo didaulat sebagai penyelenggara untuk Olimpiade musim panas. Tahap akhir pembangunan pun sudah terlihat di lingkungan Ibu kota Jepang beserta kota dan distrik pendukung lainnya. Salah satu yang sedang menjadi perbincangan adalah rancangan arena terselenggaranya cabang olahraga senam atau gymnastics yang hadir dengan desain unik serta menarik. 


Baca juga: Menyatu Dengan Alam di Taman Vestre Fjord, Denmark


Bangunan Atap Kayu Terbesar Di Dunia Kini Ada Di Jepang


Untuk Olimpiade 2020, kota Tokyo menginstruksikan untuk merancang sebuah arena olahraga senam dengan struktur terbuat dari timber atau kayu. Bernama Ariake Gymnastic Center, konsep desain bangunan ini diambil dari identitas daerah Ariaka yang terkenal sebagai kawasan penyimpan material kayu untuk keperluan konstruksi.




Bangunan Atap Kayu Terbesar Di Dunia Kini Ada Di Jepang


Pusat struktur bangunan ini menggunakan sebanyak 2.300 meter kubik kayu balok yang diambil dari seluruh Jepang dan membuat Ariake Gymnastic Center dinobatkan sebagai bangunan dengan atap kayu terbesar di dunia.


Baca juga: Signify Berhasil Lampaui Target 2020 di Tahun 2019


Bangunan Atap Kayu Terbesar Di Dunia Kini Ada Di Jepang


Bangunan arena olahraga senam ini dirancang dengan bentuk menyerupai sebuah bahtera. Bentuk tersebut merupakan reintrepetasi dari kawasan Ariake yang berada di dekat pelabuhan Tokyo sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal yang membawa bongkahan kayu dari seluruh penjuru Jepang.  Untuk kapasitas penonton, Ariake Gymnastic Center memiliki 12.000 kursi. Anda tertarik mengunjunginya?


Sumber foto: dok. Tokyo 2020 / Design Boom