Mencoba untuk membuat area ruangan Anda fungsional dan tetap lega semaksimal mungkin menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi yang memiliki living space yang minim dan sempit.

Terkadang kuncinya ada dalam penataan tempat penyimpanan atau storage space yang terdapat di ruangan Anda. Untuk bisa menyimpan lebih banyak, Anda butuh berpikir kreatif dalam memilih furnitur ataupun mengubah apa yang sudah Anda punya menjadi storage space.

Simak ide kreatif berikut ini yang pantas Anda tiru untuk menjadi expert dalam menyimpan barang-barang Anda.





1. Gunakan gorden sebagai pengganti lemari pakaian


Banyaknya pilihan lemari pakaian dari yang tinggi, lebar dan yang tidak memuat cukup barang membatasi kebebasan Anda untuk menyimpan barang secara rapih dan teratur.


drivenbydecor.com

Dengan menggunakan gorden Anda bisa menempatkan rak, laci, maupun lemari dalam satu sisi atau area sesuai dengan barang yang ingin Anda simpan baik itu sepatu, pakaian ataupun perabotan rumah tanpa terlihat berantakan.


The Closet Maid Impressions Closet Kit / Home Depot

Untuk melakukan ini, gunakan gorden dengan penyangga yang dapat diukur sesuai dengan lebar area yang ingin ditutupi. Tidak hanya meminimalisir jumlah furnitur yang dibutuhkan untuk sebagai penyimpan barang, ide ini menghemat ruang dan biaya.


hgtv.com


2. Beli furnitur yang memiliki multifungsi


Banyak furnitur memiliki dual fungsi, tapi lebih baik membeli furnitur yang memiliki fungsi tersebut dan merupakan suatu kebutuhan seperti, tempat tidur atau sofa. Tempat tidur yang memiliki built-in-storage dibawahnya menjadi suatu ide terbaik untuk Anda yang memiliki ruangan kecil.


dwell

Mengetahui bahwa sesuatu seperti tempat tidur memakan area yang sangat banyak dibanding furnitur lainnya, Anda tidak akan merasa rugi dengan memiliki furnitur yang multifungsi ini.




Fabio White Wooden 2 Drawer Bookcase Storage Bed / happybeds.co.uk


3. Gantungkan rak di dinding


Jika Anda merasa sudah terbatas dengan susunan penempatan furnitur di rumah Anda, mulailah memilih sesuatu yang bisa Anda gantung. Memiliki rak yang bisa Anda gantung diatas headboard tempat tidur ataupun di area dinding yang masih kosong, seakan-akan meninggikan ruangan rumah Anda.


Apartment Therapy
Memilih rak yang bisa Anda pasang pada dinding, menghilangkan rasa sempit tanpa mengurangi storage space yang Anda butuhkan untuk barang-barang seperti buku maupun dekor untuk mempercantik ruangan.



4. Jadikan storage space yang sudah Anda miliki sebagai tempat duduk


Bangku panjang yang memiliki kompartemen adalah tempat penyimpanan barang yang bagus dimiliki yang dapat dijadikan tempat duduk di ruangan Anda.

timesdecor.com

Jika terasa tidak nyaman karena kerasnya material furnitur untuk diduduki, Anda bisa menggunakan bantal duduk agar terasa lebih nyaman. Sampingkan bangku panjang pada jendela untuk dijadikan area santai atau pada area masuk rumah Anda untuk dijadikan area duduk sambil memakai atau melepas sepatu. Tempat duduk dan kompartemen dalam satu!


Industrial Style Entryway Bench / home-designing.com


5. Ubah belakang pintu menjadi tempat menggantung barang


Belakang pintu dapat menjadi opsi terakhir untuk menaruh barang yang akan selalu dipakai seperti handuk, jaket, atau tas sehari-hari. Ini tidak hanya menghemat ruang tapi juga akan menghindarkan Anda menaruh barang sembarangan di kasur atau kursi.

Industville

Anda akan selalu teringat untuk menggantung barang yang selalu Anda pakai di satu tempat. Pastinya ada lebih dari satu pintu yang terdapat di rumah Anda, jadi manfaatkan pintu Anda baik itu pintu kamar tidur atau kamar mandi sesuai dengan kebutuhan ruangan.


Good Housekeeping


Foto Teaser: Fantastic Frank
Teks oleh: Annika Fathma