Tangga adalah salah satu elemen penting yang sering hadir pada sebuah rumah. Tetapi, tahukah Anda seperti apa tangga rumah yang aman untuk anak?


Membangun tangga untuk rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan, terlebih lagi apabila Anda tinggal dengan seorang anak.



Buah hati Anda yang baru belajar berjalan akan sangat bersemangat untuk mengeksplor seluruh pelosok rumah, termasuk area tangga.


Berikut aspek penting untuk membangun tangga rumah yang aman untuk anak ala CASA Indonesia.


1. Perhatikan ukuran anak tangga

Sebelum membangun tangga rumah, rencanakan terlebih dahulu ukuran tinggi dan lebar dari anak tangga yang akan Anda bangun.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

Upstairs


Pahamilah istilah optrade (tinggi tanjakan anak tangga) dan aantrade (lebar injakan anak tangga) untuk mengetahui ukuran anak tangga yang aman untuk anak-anak.


2. Perhatian kelandaian anak tangga

Bentuk tangga yang landai akan lebih bersahabat dengan kemampuan si kecil. Gunakan kemiringan 20-24 derajat pada anak tangga Anda karena kemiringan ini dianggap lebih aman untuk anak.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

Idea


Kelandaian anak tangga ini datang dengan konsekuensi jumlah anak tangga yang lebih banyak dari biasanya.


3. Perhatikan material permukaan tangga

Setelah menentukan ukuran tangga yang cocok, diskusikanlah material dan bentuk dari tangga yang akan Anda bangun. CASA Indonesia menyarankan Anda menggunakan karpet sebagai permukaan tangga.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak


Karpet memiliki material yang empuk dan tidak licin sehingga dapat menghindari anak Anda terpeleset dan terbentur pada tangga.


Baca juga, 20 Pilihan Lengkap Desain Tangga Rumah Minimalis


4. Hadirkan area bordes

Apakah Anda asing dengan istilah bordes pada area tangga? Area bordes pada tangga merupakan plat datar di antara anak tangga yang diperuntukkan sebagai area berhenti sejenak.




7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

One Kindesign


Bordes tangga biasa ditempatkan di sudut area tangga yang berbelok. Tersedianya bordes pada area tangga akan sangat membantu buah hati Anda saat sedang naik atau turun tangga.


5. Pasang railing pada tangga

Railing tangga adalah alat pengaman dan penyangga yang biasanya digunakan sebagai pegangan saat seseorang menaiki atau menuruni tangga.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

Bangun Rumah


Memiliki fungsi yang kuat berkenaan dengan keamanan, railing tangga adalah salah satu elemen penting yang harus disertakan pada tangga rumah Anda apabila Anda memiliki seorang anak.

Selain mencegah anak jatuh dari tangga, railing tangga juga dapat berfungsi sebagai penuntun anak menaiki atau menuruni tangga.


6. Pasang pagar kecil di ujung atas dan bawah tangga

Selain railing, dua pagar kecil pada ujung atas dan bawah tangga juga dapat menyumbang peran yang besar dalam mengamankan anak saat berada di sekitar tangga.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

Baby Safety


Pagar kecil yang dapat dibuka dan ditutup pada ujung atas dan bawah tangga berguna mengamankan anak dari area tangga apabila sedang berada di luar pengawasan.


Baca juga, Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


7. Pasang pencahayaan yang baik

Untuk menyempurnakan pengamanan, jangan lupa untuk memasang pencahayaan yang baik pada area tangga.


7 Aspek Penting Membangun Tangga yang Aman untuk Anak

Woodstock


Pemasangan pencahayaan yang baik akan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk anak, tetapi kepada semua orang yang menggunakan tangga.


Sumber teaser: HomeLet
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara