Bentangan luas lukisan bertajuk Papua – The Energy of Golden River Belong to its People (2017) menjadi daya tarik utama saat pengunjung melangkah masuk ke dalam pameran. Inilah karya maestro Srihadi Soedarsono yang mennyuguhkan pengalaman impresif terkait dunia lanskap dalam perspektifnya di pameran bertajuk Man x Universe.





Papua - The Energy of Golden River (2017) / Srihadi Studio

Papua - The Energy of Golden River (2017) / Srihadi Studio


Baca juga, Man x Universe: Makna Lanskap Bagi Seniman Srihadi?


Gubahan sinematik yang memukau yang bersinkronisasi dengan penampilan penari dari Kita Poleng Bali mengisi acara pembukaan pameran yang dikuratori oleh Rikrik Kusmara. Resmi dibuka pada tanggal 11 Maret hingga 9 April 2020 di Galeri Nasional, ajang seni rupa yang didukung oleh Sugar Group Companies ini turut disertai kehadiran Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara).


Srihadi Soedarsono

Srihadi Soedarsono


Tur pameran Man x Universe oleh kurator Rikrik Kusuma

Tur pameran Man x Universe oleh kurator Rikrik Kusuma


Bersamaan dengan selebrasi seni ini adalah peluncuran buku berjudul serupa dengan pameran yang disusun oleh Farida Srihadi bersama budayawan Jean Couteau.


Peluncuran buku Man x Universe



Peluncuran buku Man x Universe


Pengunjung dapat menyaksikan rentetan lukisan seri lanskap yang terdiri dari 44 karya dengan ukuran masif yang tersebar di ruang pameran. Keseluruhan karya tampak dibagi dalam empat segmen, yaitu Social Critics, Dynamic, Human & Nature, dan Contemplation. Filosofi sang seniman, yaitu memayu hayuning bawono (memuliakan bumi), terpapar jelas melalui rentetan karya yang mengangkat semangat spiritual akan lanskap nusantara.  


Horizon - The Golden Harvest (2018 / Srihadi Studio

Horizon - The Golden Harvest (2018 / Srihadi Studio


Rangkaian karya dalam pameran Man x Universe 1

Rangkaian karya dalam pameran Man x Universe 2

Rangkaian karya dalam pameran Man x Universe


Di akhir perjalanan pameran, sejumlah video art buatan Eldwin Pradipta yang terdiri dari karya ikonis, seperti Horizon - The Golden Harvest (2018) dan Borobudur – Moment of Contemplation (2017) seakan mengajak pengunjung untuk meresapi lebih dalam karya ciptaan Srihadi dalam Contemplation Room.


Contemplation Room
Contemplation Room


Foto teaser: Pameran Tunggal Srihadi Soedarsono bertajuk Man x Universe
Sumber foto: MRA Media