Sudah terbukti bahwa telepon genggam Anda merupakan barang yang sangat kotor dibanding barang sehari-hari lainnya yang Anda miliki. Menurut riset yang dilakukan The University of Arizona, telepon genggam mengangkat 10 kali lebih banyak bakteri dibanding dengan kloset toilet. Jadi, kapan terakhir kali Anda membersihkan telepon genggam Anda?







Dengan adanya Virus Corona yang tengah mewabah, ini lah waktunya untuk lebih perihatin terhadap kebersihan handphone Anda. Berikut ini, cara untuk memastikan telepon genggam Anda sebersih mungkin dari segala kuman.


Gunakan Tisu Basah yang Mengandung 70 persen Alkohol

Menurut perusahaan elektronik ternama Apple, Anda boleh menggunakan tisu basah disinfektan untuk membersihkan perangkat Anda, dan tentunya perangkat merk Apple. Mereka juga menyatakan bahwa Anda boleh menggunakan tisu basah sejenis Clorox Disinfecting Wipes atau tisu basah yang memiliki 70 persen alkohol isopropil untuk mengelap display dan bagian luar lainnya, selama tidak membasahi bagian terbuka perangkat.




Hindari Cairan Pembersih agar Tidak Merusak Layar 

Yang terpenting adalah jangan sesekali menggunakan cairan pembersih ataupun semprotan karena ini akan merusak lapisan tahan minyak yang melindungi handphone Anda. Dalam hal ini, lebih baik untuk menghindari menyemprotkan sesuatu langsung kepada layar handphone Anda.



Lebih Baik Menggunakan Kain Microfiber Sebagai Pembersih

Sebenarnya, cara yang terbaik untuk membersihkan telepon genggam Anda adalah dengan kain microfiber. Cukup menambahkan alkohol isopropil kepada kain untuk menghindari cairan mengenai perangkat Anda secara langsung.






Dan secara perlahan usap layar dan eksterior handphone Anda, hindari bagian terbuka seperti speaker, bagian pengisi daya, dan earphone jack.



Bersikap Preventif untuk Menghindari Kuman dari Perangkat Anda

Untuk melakukan segala upaya preventif, coba untuk tidak menggunakan handphone Anda di toilet. Sering-sering mencuci tangan setelah melakukan aktivitas atau saat berada di fasilitas umum sebelum menggunakan handphone Anda. Jika Anda menggunakan case untuk melindungi perangkat Anda, jangan lupa untuk membersihkan juga sebelum Anda gunakan kembali.



Telepon genggam adalah sesuatu yang akan selalu Anda gunakan dan pastinya ada pada genggaman Anda hampir setiap saat, ada baiknya untuk membersihkan segala kuman dan kotoran, termasuk virus corona dari handphone Anda.


Foto Teaser: Pinterest
Sumber Foto: everydaycheapskate.com / Pinterest
Teks oleh: Annika Fathma