Tidak hanya di Indonesia, seluruh negara yang terdampak pandemi COVID-19 atau virus Korona meminta warganya memberlakukan social distancing atau mengkarantina diri.


Tindakan berdiam diri di rumah yang bisa berlangsung selama dua minggu atau lebih ini tentu dapat membuat bosan, beberapa orang bisa menata ulang rumahnya hanya dengan 10 menit, atau melakukan kegiatan lain.








Di Roma, Italia, organisasi perfilman lokal Alice nella Citta (Alice in the City)  menginisiasi kegiatan unik yang bisa dilakukan warga Roma ketika social distancing, yakni nobar film lokal, hingga internasional.


Baca juga: #dirumahaja? Konsep Hunian ini Bisa Menjadi Inspirasi




Setiap pukul 10 malam, panitia akan memproyeksikan film di dinding fasad apartemen dan menayangkan film seperti Cinema Paradiso, Mary Poppins, Forrest Gump, hingga Pulp Fiction.


"Cinema Unites Us All" menjadi slogan yang digunakan Alice in The City untuk menghibur warga-warga Italia yang memilih bertahan di dalam hunian mereka.



Alice nella Citta


Meski terpisah, film bisa menjadi saluran sosial yang dapat menghubungkan kembali warga-warga Italia yang terdampak oleh pandemi virus Korona.


Sumber: Roma Today
Teaser: Alice nella Citta