Ketika pandemi virus Corona sedang memasuki fase-fase krusial, Anda tentu harus mampu menjaga diri sendiri dari paparan virus. Dua cara paling utama adalah menjaga jarak (physical distancing) dan serius menjaga kebersihan diri dan sekitar.


Soal menjaga kebersihan, tentu cara dan praktik mencuci tangan yang baik dan benar sudah diimbau oleh banyak lapisan.





Namun tidak hanya mencuci tangan, CDC (Center for Disease Control and Prevention) juga sudah mengimbau untuk menjaga kebersihan benda-benda yang memiliki tingkat sentuhan tinggi. Benda yang kadang luput itu ternyata berisiko tinggi menjadi medium penyebaran virus.


CASA Indonesia menyajikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memulai hidup bersih saat pandemi virus korona.


1. Bersihkan Ponsel Anda



New York Times


Salah satu benda yang memiliki tingkat sentuhan tinggi adalah ponsel. Seiring dengan banyaknya himbauan untuk berhenti menyentuh wajah dengan tangan, seringkali ponsel tanpa disadari menjadi benda yang sering menyentuh wajah kita.


Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan tisu disinfektan dengan kadar alkohol minimal 70%. Sebelum melap, gunakan dahulu sarung tangan sekali pakai, baru Anda bisa melap permukaan ponsel dengan tisu tersebut secara merata.


Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Barang Rumah?


Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci tangan.


2. Bersihkan Perlengkapan Pergi Anda



Ilustrasi koper Gundam dari Strict-G & Protex / Bandai Premium  


Meski para ahli mengumumkan jika tingkat persebaran virus melalui perlengkapan bepergian sangat rendah, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.


WHO mengestimasikan waktu hidup virus Corona bervariasi; beberapa jam hingga hari, tergantung materi, temperatur udara, dan kelembaban. Menurut mereka, material keras dan tidak berpori seperti besi, kaca, dan plastik adalah medium yang menjadi habitat utama virus Corona.




Baca juga: Ayo Sehat! Berantas Corona di Rumah dengan 10 Tahap Ini


Jika Anda baru saja bepergian dengan membawa koper yang material utamanya alumunium atau plastik, Anda bisa membersihkannya dengan tisu disinfektan secara menyeluruh.


Menurut Ann R. Falsey, profesor bidang penyakit menular dari University of Rochester Medical Center di New York, AS, virus Corona tidak memiliki tingkat bertahan hidup yang tinggi di atas permukaan.


3. Bersihkan Area Umum di Rumah





Selain ponsel, banyak bagian-bagian di rumah yang memiliki tingkat sentuhan tinggi. Anda bisa membersihkan sudut-sudut tersebut dengan disinfektan.


Bagian dengan tingkat sentuhan tinggi di antaranya meja, bagian belakang kursi, gagang pintu, tombol lampu, remote, gagang bidet, hingga kloset.


Sebelum proses membersihkan, baiknya gunakan dahulu sarung tangan sekali pakai. Pun jika Anda ingin menggunakan sarung tangan yang bisa digunakan kembali, dedikasikan sarung tangan tersebut hanya untuk proses membersihkan saja.



Willis Kusuma Architects / Mario Wibowo


Untuk permukaan dengan material keras, gunakan larutan alkohol 70% dan lap seluruh permukaan dengan tisu basah.


Baca juga: 5 Objek Wisata Dunia di Tutup Sementara Karena Covid-19


Jika materialnya lembut dan berpori seperti permukaan karpet, bersihkan dengan deterjen atau cairan pembersih yang dianjurkan. Yang paling penting adalah langsung mengeringkan benda-benda tersebut setelah dicuci dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.


Teaser: New York Times