Apakah Anda tahu bahwa desain interior yang terdapat di ruangan Anda berpengaruh besar terhadap keseharian Anda? Kita menjalani banyak waktu di dalam ruang, baik itu di rumah maupun kantor, sehingga kita mencerminkan ruangan yang kita diami.

Secara psikologis, ruangan dimana kita menghabiskan waktu yang lama berpengaruh terhadap tingkah laku kita. Jika Anda merasa resah, produktif, atau nyaman simak alasannya dan ketahui bagaimana cara membuat desain rumah Anda dapat berpengaruh positif untuk Anda.

1. Lebih banyak hijau, lebih baik

Tanaman secara umum dapat membersihkan udara dan menghilangkan senyawa yang berbahaya dari udara. Dengan adanya tanaman dalam ruang, tidak hanya membersihkan udara tetapi juga membawa suasana yang tenang dan relax.




CASA Indonesia

Membawa tanaman hias ke dalam ruang sangat bagus untuk ruangan seperti kantor maupun area bekerja di rumah karena konsentrasi penuh dan udara yang baik sangat penting untuk produktivitas.



2. Ketahui pencahayaan dalam ruang dan mood yang dipancarkan

Visi

Apakah Anda pernah menyadari mengapa berbagai tempat atau ruang menggunakan lampu redup dibanding dengan yang terang? Atau bahkan tidak menggunakan lampu hanya mengandalkan cahaya alami? Alasannya terdapat dalam setiap ruangan yang Anda tempati dan tentunya terhadap suasana yang ingin dirasakan pada setiap ruangan. Cahaya redup atau yang memiliki tone kuning cocok untuk di malam hari.


home-designing.com


Warm lighting dapat membuat suasana ruang lebih sunyi dan membuat orang lebih rileks. Berbeda dengan area perkantoran, terkadang pencahayaan terang menjadi sesuatu yang diutamakan bagi banyak orang, akan tetapi sebenarnya cahaya alami jauh lebih penting untuk menghindari segala efek negatif dan suatu kebutuhan untuk produktivitas.


DigsDigs

3. Pilih warna yang sesuai dengan apa yang ingin Anda rasakan

Warna memiliki arti psikologis dibalik setiap warna. Jika Anda ingin memprioritaskan warna dinding di setiap ruang Anda sebagai pemancar positivitas dalam ruang, lebih baik mulai dari soft tones dari warna tersebut sebelum berkomitmen pada yang mencolok.

homedit.com
Baca juga: 6 Tips Memilih Wallpaper dan Cat Dinding Interior Rumah

Sesaat ingin memilih warna, pada contohnya untuk ruangan kerja, semuanya tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Tetapi tentunya hal ini dapat diaplikasikan terhadap ruangan lain seperti area ruang keluarga atau ruang makan.

Jika Anda ingin suasana yang stress-free gunakan warna biru.

Pinterest

Atau gunakan warna yang lebih hangat agar suatu ruangan terasa lebih compact untuk ruangan seperti kamar tidur atau ruang keluarga.





4. Seni sebagai objek inspirasi

Menambahkan sebuah karya seni untuk dipajang dapat melengkapi suatu ruang saat ruangan tersebut terasa kurang memiliki karakter atau inspirasi.

Alyssa Kapito Interiors / DuPree Team

Selain sebagai dekor, karya seni seperti lukisan atau pahatan dalam ruangan dapat mencetuskan sebuah ide atau pembicaraan. Karya seni tersebut juga dapat memberikan perasaan senang bagi yang berada di sekitarnya. Hanya saja perlu berhati-hati dalam memilih warna yang terdapat pada karya yang ingin dipajang agar tidak mengganggu orang saat waktu yang tidak tepat.



5. Sediakan ruang hobi untuk melepas stres


Ruang hobi tentunya harus disesuaikan dengan kegemaran Anda masing masing. Bila itu menyanyi, bermain musik atau menari, Anda tidak harus berpikir jauh dan membuat studio rekaman atau studio tari.


Ruang untuk Yoga / homebnc.com

Walaupun, memiliki satu ruang dirumah Anda yang berbeda dan spesifik terhadap kegemaran Anda sangat baik untuk menenangkan pikiran dan melepas stress, Anda bisa mentransformasikan suasana ruangan Anda dengan menghadirkan barang seperti speaker atau set multimedia untuk memainkan musik, film atau video bagi Anda untuk berekspresi dan melepaskan penat.


Bang & Olufsen BeoPlay A9 / The Method Case

Sebuah alat elektronik yang didesain tidak hanya untuk terlihat sangat advanced tetapi juga sangat elegan, dapat menambah karakter pada suatu ruang.

Baca juga: Kursi Bagi yang Hobi Membaca Buku Berjam-Jam


6. Dekor estetis untuk kenikmatan dan kenyamanan



Dyptique Baies Scented Candle / Lauren's Lip Glossary

Anda memiliki kebebasan untuk memilih dekor pada ruangan Anda. Dalam hal ini, tidak harus terpengaruh untuk menambahkan dekor pada ruangan jika hanya sekedar mempercantik. Barang-barang seperti lilin, pengharum rumah, dan essential oil di jaman sekarang dibuat dengan packaging yang serba cantik. Tidak hanya memberi suasana yang relax tapi barang-barang essential untuk mengperharum ruang ini juga dapat dijadikan dekor rumah. 

Jo Malone Diffuser / Chantal Dewolf on Pinterest

Foto Teaser: Studio New Design Project
Teks Oleh: Annika Fathma