Koleksi buku yang terus bertambah dan lemari semakin terlihat berantakan?


Dilema ini sepertinya terasa familiar terutama bagi pecinta buku. Apalagi dalam beberapa waktu yang lalu, book fair seperti Big Bad Wolf baru saja berlangsung. Sehingga beragam deretan buku baru kini kian menambah koleksi buku di lemari Anda







Namun, sekarang Anda harus merelakan buku-buku bertumpukan di lantai ataupun tumpang tidih di lemari akibat tidak ada ruang yang tersisa bagi mereka. Walaupun demikian jangan cepat menyerah akan impian untuk memiliki susunan buku yang rapi seperti di perpustakaan.  


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / M Penthouse / Tom Ross / Oliver Du Puy / Yellowtrace

M Penthouse / Tom Ross / Oliver Du Puy / Yellowtrace


Baca juga, Pecinta Buku akan Suka dengan 11 Inspirasi Rak Buku Ini


Bagi yang sedang #dirumahaja, ini saatnya untuk menerapkan 6 cara untuk merapikan buku di lemari ala seorang pustakawan.


1. Susun judul buku berdasarkan seri/penulis/genre

Dengan cara ini, Anda tak perlu memindahkan seluruh isi koleksi buku saat ingin menambahkan buku baru ke lemari.


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Hello Chelly

Hello Chelly


2. Gunakan book cart sebagai ruang ekstra untuk buku

Ketimbang meletakkan buku di meja, kursi, ataupun beragam permukaan yang kosong di rumah, book cart bisa menjadi pilihan untuk menyimpan buku saat lemari mulai penuh. Selain terlihat rapi, ini turut mempermudah saat ingin memindahkan buku ke tempat lain.


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Raskog / IKEA

Raskog / IKEA


3. Donasi atau berikan buku ke orang lain sebagai hadiah

Saat sudah tidak ada lagi ruang menyimpan di lemari Anda, ini saatnya untuk memilah buku yang bisa didonasikan maupun diberikan ke orang lain sebagai hadiah. Simpan buku yang sudah dipilah ke dalam kotak plastik agar tidak terkena air maupun raya. Tentu saja tidak lupa untuk menyusunnya secara horizontal atau berdiri tegak.


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / BCW Supplies

BCW Supplies




Baca juga, 10 Coffee Table Books Ini Tidak Akan Pernah Membosankan


4. Catat daftar bacaan secara online

Aplikasi atau website seperti Goodreads dapat membantu Anda untuk mengkatalog koleksi buku yang sedang, akan, maupun telah dibaca. Dengan memiliki rekam jejak seperti ini, dapat mempermudah mendata buku yang dimiliki.


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Goodreads

Goodreads


5. Menyisihkan buku di lemari

Mungkin ini adalah langkah yang ingin dihindari pemilik koleksi buku saat merapikan buku di lemari. Anggap tahap ini sebagai waktu kurasi dan mulai bertanya ke diri sendiri beberapa pertanyaan krusial. Di antaranya adalah apakah Anda menyukai buku ini saat membacanya?, akankah Anda membaca kembali buku tersebut?, apakah benda ini memiliki arti sentimental?, dan pertanyaan terpenting seberapa mudah Anda akan menggantikan buku ini ketika berubah pikiran nantinya?


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Muji

Muji


Baca juga, Kursi Bagi yang Hobi Membaca Buku Berjam-Jam


6. Saatnya merawat buku yang ada di lemari

Tempat ideal untuk menyimpan buku adalah di dalam lemari kaca untuk menghindari adanya tumpukan debu. Selain itu, hindari sinar matahari agar buku tidak cepat menguning.


Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Billy / Oxberg Bookcase / Ikea

Billy / Oxberg Bookcase / Ikea


Beragam tahap merapikan buku telah disarankan oleh pustakawan. Lalu, apa tips terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas buku?

Jawabannya adalah membaca buku tersebut dan baca kembali jika dirasa menarik dan memiliki nilai lebih. Hal ini dikarenakan, cara terbaik untuk membuat buku tahan lama adalah membacanya. 





Foto teaser: 6 Cara Merapikan Buku di Lemari Bagi yang #dirumahaja / Toko buku UNSW / SJB / Yellow Trace