Memang virus covid-19 ini begitu mengkhawatirkan. Namun dengan tindakan yang tepat, Anda bisa membatasi penyebaran tersebut. Tips yang telah disebutkan oleh WHO dan berbagai sumber, Anda harus menjaga kebersihan dan social distancing. Bahkan Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia harus physical distancing agar bisa memutuskan rantai penyebaran virus corona. 


Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Barang Rumah?



Hometalk


Dengan anjuran untuk #dirumahaja dan #selamatdirumah, kita perlu paham berapa lama corona bertahan di barang rumah. Berikut ini CASA Indonesia memberikan rangkumannya yang dikutip dari beberapa sumber:

1. Tembaga (4 jam)
2. Aluminium (2-8 jam)
3. Kardus (24 jam)
4. Baja (2 hari)
5. Stainless Steel (2-3 hari)
6. Polypropylene plastic, seperti tempat penyimpanan makanan (3 hari)
7. Kayu (4 hari)
8. Kertas (4-5 hari)


Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Barang Rumah?

Bohemian Design


Baca juga, Ayo Sehat! Berantas Corona di Rumah dengan 10 Tahap Ini


Lalu apa yang perlu dilakukan untuk membunuh virus ini?

Yang pasti, Anda harus sering mencuci tangan setelah menyentuh barang apapun. Kemudian, semprot semua permukaan yang kemungkinan sering tersentuh tangan menggunakan disinfektan. Beberapa perusahaan memang mengeluarkan produk disinfektan khusus, namun kini sangat langka atau harganya mahal.

 





Baca juga, 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!


Bagaimana cara membuat cairan disinfektan sendiri?

Salah satunya dengan cara menggunakan pemutih pakaian (seperti Bayclin atau Proclin) yang mengandung bahan aktif Natrium Hipoklori (NaOCl) sebesar 5.25%. Kandungan ini dapat mengurangi jumlah mikrooganisme pada permukaan benda. Anda bisa mencampurnya dengan air sebagai disinfektan.


Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Barang Rumah?

Live Science


Baca juga, 3 Tips Hidup Bersih saat Pandemi Virus Corona


Tahap membuat disinfektan di rumah:

1. Anjuran dari WHO, pengenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Untuk menghasilkan 1.000 ml larutan disinfektan, campurkan 95 ml pemutih pakaian dengan 905 ml air. Anjurannya secara sederhana adalah sekitar 10 tutup botol cairan pembersih lantai diencerkan dengan air 1 liter


2. Semprotkan pada permukaan peralatan yang sering disentuh minimal 2 kali sehari, seperti remote TV, saklar lampu, dan gagang pintu. Anda juga bisa menggunakan kain bekas.


3. Jangan lupa cuci tangan Anda setelah menyemprot dan mengelap barang-barang di rumah

Tips dari CASA Indonesia: Jika Anda baru saja berbelanja atau menerima paket, disarankan menyemprotkan tas atau kantong plastik dengan campuran ini. Komposisi ini juga bisa Anda gunakan sebagai larutan air pel.


Baca juga, Hati-hati! Hindari 6 Kesalahan ini Saat Bersih Rumah


Foto teaser: What We Make