Memiliki taman minimalis di rumah tentu memberikan kesejukan tersendiri. Tapi bagi Anda yang bekerja di kantoran, pasti hanya punya waktu terbatas untuk merawat taman. Lalu apa solusinya? Ya, taman kering minimalis adalah jawabannya. Konteks minimalis pada taman kering adalah pemilihan jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan intens. Jenis tanaman yang mudah dirawat sepeti Lidah Mertua, Spider Plant, dan Sirih Gading. 


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat



Ginggaanbai


Taman kering juga berarti tidak menggunakan rumput dalam jumlah besar karena rumput akan membuat Anda sibuk memetik rumput liar dan menyiraminya (jika tidak ada hujan). Namun jika tetap ingin mempunyai rumput hijau, disarankan dalam jumlah kecil, misalkan 20-30% dari luas taman. Posisi taman kering bisa saja di outdoor ataupun indoor.


Berikut ini CASA Indonesia memberikan inspirasi taman kering minimalis untuk Anda tiru di rumah, terutama sekarang sedang working from home. Tentunya Anda punya banyak waktu untuk mempercantik sudut-sudut rumah Anda.


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Eweddingmag


Taman belakang yang akan memberikan pemandangan indah untuk bersantai

Salah satu manfaat terbaik kehadiran taman di dalam rumah adalah nuansa segar dan menyejukkan berkat suplai oksigen serta udara bersih yang cukup. Konsep taman di dalam rumah dapat menjadi poin utama untuk interior Anda. Selain itu, penempatannya yang berada di pusat hunian mampu menyebarkan kesegaran ke seluruh ruangan, seperti di taman belakang yang berdekatan dengan ruang keluarga dan ruang makan.


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Eweddingmag


Jalan setapak abstrak namun terlihat elegan

Penambahan kolam di area halaman belakang bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi penghuni atau tamu yang datang. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam, seperti ketersediaan ruang, karena hal itu menjadi kunci utama dalam menghadirkan kolam di hunian.


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

T38 Studio / Fran Parente


Lakukan analisa terhadap rumah Anda, pastikan lokasi yang akan digunakan nantinya tidak mengganggu aktivitas harian. Tidak lupa untuk tentukan tema dan desain dari kolam yang akan dibuat, material, hingga bagaimana cara merawat nantinya.


Baca juga, 10 Taman Mungil dan Minimalis Sesuai Karakter Anda


Dinding taman belakang terlihat lama? Ayo siasati!

Siasat membuat taman kering yang cantik tanpa merubuhkan dinding lama adalah membuat dinding taman tambahan. Gunakan papan kayu yang dijajar hingga menutup paling tidak 80% dari dinding lama. Pemasangan papan kayu sebagai pagar bisa dibuat bervariasi, seperti dibuat dengan perbedaan ketinggian agar rumah terasa dinamis.


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Port Phillip Landscaping


Yuk berkreasi dengan area bawah tangga Anda!

Area bawah tangga seringkali menjadi area yang terlupakan. Jarak dari batas bawah tangga ke lantai yang terlalu pendek membuat area bawah tangga sering dijadikan sebagai rak sepatu atau lemari baju. Sebagai inspirasi, Anda bisa menyulap area bawah tangga menjadi sudut taman. Inspirasi ini sangat cocok untuk hunian dengan konsep semi-outdoor karena sudut tersebut bisa mendapatkan pencahayaan alami cukup baik.




10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Three C Architects / Tom Roe


Anda bisa mengombinasikan tanaman gantung dan pakis mini untuk kesan minimalis. Anda juga bisa mengaplikasikan batu hias sebagai dasar taman untuk kesan bersih.


Taman kering di samping ruang makan yang sejuk

Salah satu peran teras adalah sebagai transisi antara area outdoor dan indoor. Lebih dari fungsi tersebut, teras kerap dijadikan sebagai ruang menerima tamu yang kasual berkat kehadiran meja bar di area ini. Bangun suasana menyegarkan dan rapi melalui taman yang dihiasi bebatuan kecil dan tanaman berpot di sekeliling teras.



Taman kering di balkon apartemen

Berikan tampilan taman kecil dengan konsep desain yang menyerupai interior rumah. Sesuaikan warna-warna material di taman indoor dengan palet senada di dalam rumah, seperti kayu pinus. Anda juga dapat memanfaatkan dinding rumah menjadi taman vertikal atau tempat menggantung pot, namun pastikan sisi dinding yang digunakan terpapar sinar matahari yang cukup.


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Homify


Tempat bersantai dengan berbagai furnitur outdoor yang nyaman

Taman yang hijau atau warna-warni bunga yang tumbuh di sekitar akan menjadi pusat relaksasi yang luar biasa, baik saat sarapan pagi atau pun menikmati sesruput teh saat weekend. Untuk bersantai, letakan kursi, sofa, atau meja khusus outdoor di posisi dengan pemandangan menyeluruh. Jadi Anda dapat menikmati taman dengan maksimal walaupun dengan ukuran yang mini. 


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Lavorist


Anda pun bisa menghadirkan pilihan kursi-kursi bersiluet modern dan bermaterial anyaman sintesis yang mampu mendukung tajuk ini.


Baca juga, 8 Ide Membuat Taman Kecil di Sudut Rumah Minimalis


Taman dengan jalan setapak yang cantik

Di tengah-tengah pot tamanan dan pohon, hadirkan jalan setapak dari cetakan beton atau batu untuk menciptakan alur yang cantik di taman. Desain setapak bisa bermacam-macam. Jika lahan taman Anda tergolong kecil, area setapak atau taman kering bisa diletakkan persis di tengah sebagai pembatas, sehingga terlihat seperti lorong yang cantik. 


10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat

Apartementdecor


Sumber foto: Lavorist dan Port Phillip Landscaping