Apartemen 2 kamar biasanya hadir melalui banyaknya penggunaan sekat antar ruang sehingga terlihat lebih sempit.


Namun di tangan MH.AP Studio, apartemen 2 kamar seluas 70 meter persegi di Barcelona, Spanyol bisa terkesan luas, bahkan dengan sekat di tiap ruangannya.





Penasaran? Kepada CASA Indonesia, arsitek dari MH.AP Studio, Marina Huguet Blasi & Andres Penuela Betancur menjabarkan 5 tips bagaimana apartemen 2 kamar mungil ini bisa tampil lebih luas.


1. Gunakan Furnitur Custom




Furnitur custom merupakan elemen pertama dan paling penting untuk membuat interior apartemen 2 kamar terkesan luas.


Dibandingkan furnitur siap pakai, furnitur custom bisa disesuaikan dengan bentuk interior. Hal tersebut dapat meminimalkan sudut-sudut ruangan yang tidak terpakai. Tidak hanya itu, furnitur custom juga membuat ruangan terkesan seamless.


2. Maksimalkan Penggunaan Kaca




Lebih jauh soal furnitur custom, Anda dapat membuat sudut-sudut yang sebelumnya tidak terpakai bisa menjadi sudut multi-fungsi.


Baca juga: Menata Ulang Apartemen Sembari Kerja #dirumahaja? Bisa!


Di koridor setelah pintu masuk, aplikasikan kabinet custom untuk menaruh pakaian yang juga bisa digunakan sebagai sofa untuk bersantai. Jangan lupa aplikasikan kaca sebagai latar untuk memberikan kesan luas pada ruangan.


3. Jangan Ragu Mengombinasikan Fungsi Ruang




Ketika mendesain ulang interior apartemen 2 kamar ini, Marina dan Andres menciptakan koridor yang menggabungkan dua fungsi ruang sekaligus; dapur dan lemari pakaian.


Cara tersebut mungkin saja digunakan untuk memaksimalkan ruang di apartemen seluas 70 meter persegi ini.






Namun tidak hanya sebagai wardrobe dan kitchen, tersedia juga meja makan, meja rias, dan custom bench di koridor yang terkesan sempit ini.


4. Gunakan Palet Warna Senada




Untuk membuat ruangan terkesan seamless, Anda bisa mulai berpikir satu jenis warna yang bisa diaplikasikan di seluruh ruangan.


Dalam konteks MH.AP Studio, semua furnitur custom yang menutupi dinding menggunakan material MDF dengan finishing-matte coklat untuk kesan natural.


Baca juga: 5 Tips Menata Ruangan agar Terlihat Luas dari Ahlinya


Panel MDF bahkan digunakan juga sebagai sekat yang membatasi ruang keluarga dengan kamar tidur utama. Sekat tersebut dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan sehingga batasan konvensional di antaranya bisa lebih berbaur.


5. Tempatkan Kamar Mandi di Pusat Ruangan




Marina & Andres sengaja mendesain kamar mandi berada di pusat ruangan. Kamar mandi tersebut dihubungkan langsung oleh koridor dan kamar tidur utama.


Bathroom sink-nya sendiri ditempatkan di luar kamar mandi. Keputusan tersebut terinspirasi dari sink yang berada di Villa Savoye karya arsitek Le Corbusier.




Namun ketika Le Corbusier menempatkan sink tersebut atas dasar kebersihan, Marina & Andres menginginkan sink dengan permukaan custom terrazzo Huguet Mallorca tersebut sebagai elemen desain yang mengejutkan.


Teaser: Apartemen 2 BR karya MH.AP StudioLuis Diaz Diaz