Pernah terpikir memiliki satu museum penuh untuk menyimpan koleksi arloji? Sepertinya sangat berlebihan. Namun perusahaan manufaktur jam tangan asal Swiss bernama Audemars Piguet yang telah berdiri sejak tahun 1875 ini menyelenggarakan sebuah sayembara untuk membuat rancangan museum bagi koleksi arlojinya.







Setelah pemenang diumumkan pada tahun 2014, Audemars Piguet menggandeng arsitek dari BIG (Bjarke Ingels Group) untuk merealisasikan rancangan museum tersebut. Museum yang dinamakan Musée Atelier Audemars Piguet ini terletak di La Chenit, Switzerland dengan luas lahan sekitar 900 meter persegi, museum ini dirancang dengan bentuk spiral yang menjadi wujud penghormatan untuk mahakarya teknik dan desain yang terbentuk dari perusahaan ini.






Baca juga: Intip Huamao, Museum Seni Dengan Konsep nan Misterius


Secara umum, Musée Atelier Audemars Piguet menawarkan perspektif unik dari sejarah perjalanan pembuatan arloji. Hal ini dikolaborasikan dengan berbagai profesi untuk mewujudkan suatu landmark yang sentimental dan agung sehingga bangunan ini dapat berperan sebagai warisan waktu ke waktu sesuai dengan analogi sebuah jam.






Bangunan ini berdiri di atas dinding kaca struktural yang melengkung, kaca lengkung ini mendukung atap baja di atasnya, sementara jaring kuningan dipasang di sepanjang permukaan luar untuk mengatur cahaya dan suhu. Penggunaan atap hijau di paling atas berfungsi sebagai pengatur suhu dan penyerapan air.




Baca juga: Keseimbangan Jadi Alasan Tadao Ando Rancang Museum Ini


Di dalamnya, rute pengunjung dibuat mengalir secara sekuel. Dimulai dari pengetahuan sejarah, kemudian mengelilingi searah jarum jam menuju display-display yang disusun runut secara narasi. Setiap area memiliki bahasa desainnya sendiri dalam menunjukan karya dan informasi di dalamnya. Terdapat berbagai karya yang ditampilkan seperti sistem mekanis berbentuk patung, produk arloji dari masa ke masa hingga item spesial yang disusun di dalam etalase.










Di tengah bangunan spiral ini terdapat satu jam tangan yang memiliki 21 komplikasi luar biasa, adalah Universelle, jam tangan paling rumit yang pernah dibuat oleh Audemars Piguet. Jam tangan ini disimpan di dalam bola kaca dengan 8 jam tangan lain ditempatkan di sekitarnya seperti planet-planet di tata surya yang mengorbit matahari.



Sumber foto: Iwan Baan
Teks oleh: Atsmara Tsaniya