Sedang renovasi atau cari inspirasi rumah? Selain melihat dari berbagai informasi di digital, ada baiknya Anda juga membeli buku karena kebanyakan buku berkaitan desain interior memiliki riset yang lebih mendalam.


CASA Indonesia telah menerbitkan buku dalam rangka ulang tahun ke-15. Buku ini berisikan tentang 15+ curated residential project, tips renovasi dapur, 6 panduan mendekor rumah yang sering terlupakan, financial planning tips, dan masih banyak lagi. Order sekarang melalui WA Business MRA Media atau toko buku terdekat. Kunjungi Instagram account @casaindonesia untuk info lebih lanjut. 




Berbagai keterbatasan dalam beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi menjadikan rumah sebagai tempat menghabiskan sebagian besar waktu kita. Dengan berdiam di rumah, tanpa disadari kita pun jadi lebih gemar menghias setiap sudut rumah untuk mempercantik maupun mengubah suasana interior. Upaya ini bertujuan agar tampilan dalam rumah tidak monoton dan membosankan.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

idn world

untuk mendukung proses kreatif dan mempermudah proses anda mendesain di rumah, membaca buku bertemakan desain interior bisa menjadi salah satu solusi untuk mencari referensi desain sekaligus mengusir kejenuhan yang kadang datang.  


7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Idn World

Casa Indonesia merekomendasikan beberapa pilihan buku yang bisa menemani waktu luang Anda di rumah sebagai inspirasi dalam mendesain. Varian buku ini memperlihatkan berbagai macam hunian beserta cerita dibalik penentuan suatu proses desain bagi setiap desainer ataupun pemilik rumah tersebut. Buku-buku di bawah ini bisa ditemukan online melalui situs Book Depository.


1. The Touch

Buku kolaborasi antara Kinfolk dan Norm Architects ini berisikan 25 interior ruang publik maupun residensial yang menekankan pada unsur-unsur yang mempengaruhi kenyamanan seseorang di dalamnya. Dengan menaruh fokus pada panca indera manusia, pesan yang disampaikan bertujuan untuk meningkatkan kepekaan terhadap perasaan yang timbul oleh desain yang diciptakan pada setiap ruang.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Gestalten


Buku ini terbagi menjadi 5 topik besar di antaranya faktor pencahayaan, alam, material, warna dan rasa kebersamaan. Kesetiap faktornya dipercaya efektif meningkatkan kualitas hidup pengguna ruang apabila diaplikasikan dengan baik. Karya-karya yang bisa Anda temukan di dalam buku ini seperti Louisiana Museum, Acne Studios, Musee Yves Saint Laurent, Log Onomichi maupun Pavillon Suisse karya Le Corbusier.


Baca juga: Penuh Warna, Intip Interior Kediaman Le Corbusier


2. The World of Apartamento

Terbit pada tahun 2018, buku ini hadir sebagai penanda akan eksistensi majalah Apartamento yang sudah berjalan selama 10 tahun lamanya. Majalah yang menampilkan keseharian pemilik rumah dengan kondisi hunian yang bersifat apa adanya ini identik dengan kesan hangat yang terlihat dari kesetiap fotonya.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Apartamento 


Tanpa memoles keadaan interior rumah sebelum setiap pemotretannya, suasana yang ditunjukkan sangat menggambarkan pribadi pemilik rumah dan menjadikannya menarik untuk ditelusuri kisah hidup dibalik huniannya. Buku ini berisikan kompilasi cuplikan dari seri majalah Apartamento, dan koleksi foto yang ditampilkan terkategorisasikan berdasarkan fungsi ruang.


3. Creative Spaces

Kecintaan Ted Vadakan dan Angie Myung pada desain tidak hanya tampak dari brand Poketo yang mereka bangun bersama sejak tahun 2003. Di tahun 2019, pasangan ini merilis buku pertama mereka yang berisikan berbagai pilihan hunian maupun area bekerja para pekerja kreatif yang merupakan teman dekat dan juga rekan kerja Poketo selama ini.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Poketo




Menelusuri tempat-tempat tersebut memberikan kesempatan bagi para pembaca untuk mengetahui inspirasi dan motivasi para pemilik bisnis di dunia desain di dalam kesehariannya. Anda bisa melihat keunikan interior rumah pendiri brand Block Shop Textiles, Chiaozza, Windy Chien maupun ilustrator Adam J. Kurtz.


4. The Monocle Guide to Cosy Homes

Buku ini kaya akan informasi dan meliputi berbagai hal mendetail yang butuh dipertimbangkan sebelum mendesain sebuah hunian. Tidak hanya menginspirasi dari pilihan hunian yang terkurasi, namun sarat pengetahuan mengenai sejarah desain yang diulas untuk kesetiap unsur dalam rumah dari berbagai negara.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Monocle


Pembaca dapat mempelajari berbagai layout atau denah ruang untuk menyesuaikan dengan kondisi rumah masing-masing. Nilai tambahan lainnya adalah daftar referensi produk yang dapat melengkapi kebutuhan ruang dan menambah wawasan mengenai desainer beserta produknya.


Baca juga: Simak 5 Buku Rekomendasi Andra Matin!


5. Spaces by Frankie Magazine

Perbedaan yang terletak pada konten buku ini adalah kumpulan inspirasi yang ditampilkan sebagian besar merupakan hunian di negara Australia. Ada beberapa desain hunian yang berlokasi di New Zealand dan Asia, namun pembaca dapat menikmati mayoritas konten dari negara asal pembuatan majalah Frankie.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Frankie


Tidak hanya rumah tinggal maupun area kerja, namun kendaraan yang multi-fungsi sebagai tempat tinggal pun menjadi pesona dari kumpulan desain dalam buku ini. Spaces telah rilis sampai edisi ke-5 dan kesetiap buku dilengkapi dengan profil pemilik rumah dan detail ruang setiap rumah yang diulas.


6. The Kinfolk Home

“Slow living” menjadi payung besar konsep yang ditampilkan dalam 35 pilihan rumah tinggal yang diulas oleh Nathan Williams ini. Ia percaya bahwa kepekaan terhadap kepemilikan benda dan semua hal yang berada di sekitar kita tidak hanya memberikan makna mendalam pada setiap benda, namun menjadikan sebuah rumah tinggal optimal dari segi fungsi sehingga dapat memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi. 


7 pilihan buku bertemakan desain interior

7 pilihan buku bertemakan desain interior

kinfolk


penerapan kesederhanaan dalam penggunaan material maupun kepemilikan benda ditunjukkan melalui interior ruang yang sebagian besar bertemakan minimalis. pemilihan material pada hunian-hunian ini menekankan penggunaan material alami yang minim modifikasi seperti menjaga keaslian warna kayu. hal ini menjadikan ruang terasa hangat dan dekat dengan alam.


7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Yatzer


Baca juga: Selain Estetika, Ini Alasan Menggunakan Furniture Kayu


7. The Selby in your Place

Berawal dari liputan rumah tinggal yang didokumentasikan Todd Selby pada akun blogpostnya, ia kemudian merilis buku berisikan lebih dari 30 inspirasi interior yang ia temukan di berbagai negara. Latar belakang dari kesetiap pemilik rumah merupakan pekerja kreatif yang melimpahkan jiwa seninya pada hunian maupun studio kerjanya.


7 pilihan buku bertemakan desain interior

abrams & chronicle books


penuh dengan kepribadian dan benda koleksi, desain yang ditampilkan memberikan kesan maksimalis yang kuat. melihat berbagai system dan solusi penyimpanan menjadikan buku berjumlah 256 halaman ini sangat menarik untuk pembaca yang senang mengumpulkan benda kesayangan.


7 Pilihan Buku Bertemakan Desain Interior

Fashion Squad


Foto teaser: End Clothing