Melihat perkembangan pembangunan di Ibu Kota Jakarta yang semakin pesat, membuat kurangnya ruang hijau alami di kota tersebut. Perkembangan ruang hijau lebih sedikit dibandingkan dengan pembangunan lanskap kota. Hal ini mengakibatkan kualitas udara yang menurun dan gaya hidup metropolis yang tidak sehat bagi warganya.


Namun, K-Thengono Design melakukan sebuah gebrakan untuk merespon isu tersebut. Hadir dengan nama “Noru” sebuah bar beserta taman dan lounge di atas sebuah gedung di Kuningan, Jakarta Selatan, dibuat dengan atap tumpang-tindih yang menangkap pemandangan cakrawala kota Jakarta dengan sentuhan alam di sebuah area seluas 300 m2.







Baca juga: 9 Taman Baru yang Keren di Jakarta





Menurut Kelvin Thengono, Principal dari K-Thengono Design, visi dari proyek ini adalah untuk memperkenalkan sebuah model baru yang dapat memberikan inspirasi bagi setiap bangunan yang ada di Jakarta untuk mengembangkan taman atap yang membawa unsur-unsur alam ke kembali ke kota.









Area ini terdiri dari lounge tertutup, bar dan taman rooftop yang menggunakan pepohonan dan tanaman yang diintegrasikan ke dalam desain. Pencahayaan di dalam area sengaja dirancang redup agar pemandangan kota Jakarta di malam hari dapat terlihat dengan jelas.





Selain itu, dalam rancangan juga hadir elemen alam berupa batu dan kayu Bengkirai yang merepresentasikan lokal Indonesia. Sementara untuk rangka dan penyangga struktur, digunakan baja sebagai struktur decking dan pergola.


Baca juga: 15 Ide dan Inspirasi Jenis Pintu Kayu untuk Hunian





Sumber foto: dok. K-Thengono Design
Teks oleh: Atsmara Tsaniya