Dalam beberapa waktu terakhir, Anda mungkin akrab dengan istilah makrame. Ya, kerajinan makrame ini sudah banyak diaplikasikan sebagai plant holder, wall hanging, tirai, dan masih banyak lainnya. 


Kerajinan makrame tidak hanya terkenal karena gaya bohemiannya saja, tetapi juga terkenal sebagai bentuk seni tekstil dari simpul dan hitching, yang sangat cocok untuk melengkapi desain interior Bohemian atau Skandinavia. Sebelumnya, kerajinan ini diaplikasikan untuk membuat kain penutup tubuh unta, namun kini kerajinan makrame sudah bertransformasi menjadi salah satu dekorasi rumah unik yang cukup diminati. 





Yuk, intip beberapa bentuk kreasi kerajinan makrame sebagai dekorasi unik untuk mempermanis rumah Anda!


Kerajinan Makrame sebagai Tali Lampu

kerajinan makrame

(Vintage Revivals)


Ada banyak variasi dari pola kerajinan makrame yang dapat dijadikan sebagai dekorasi ruangan yang unik, salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai tali lampu. Kerajinan makrame ini bisa menjadi focal point pada ruangan. 


Kerajinan Makrame untuk Plant Holder

kerajinan makrame

(Etsy)


Kehadiran tanaman berdaun hijau dapat membuat teras rumah terlihat lebih asri dan sejuk. Nah, Anda dapat membuat kerajinan makrame untuk plant holder. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan kerajinan makrame sebagai plant holder untuk menggantung tanaman di pojok ruangan. Dijamin, akan membuat teras rumah atau ruangan Anda terlihat semakin cantik!


Kerajinan Makrame untuk Wall Hanging

kerajinan makrame


(@amyzwikelstudio / Instagram)


Kerajinan makrame sebagai dekorasi yang cukup diminati, yaitu wall hanging atau hiasan dinding. Anda bisa meletakkannya dari dinding bagian atas headboard tempat tidur dan biarkan menjuntai. Padukan dengan cat dinding berwarna gelap atau putih. 


Kerajinan Makrame sebagai Kap Lampu

kerajinan makrame

(Etsy)


Tak hanya dapat dijadikan sebagai tali lampu, kerajinan makrame juga dapat dibuat menjadi kap lampu. Dengan begitu, lampu gantung Anda akan aman terlindungi dan bahkan dapat menghadirkan efek pencahayaan unik, berkat perpaduan antara pencahayaan dari lampu gantung dan celah-celah unik dari kerajinan makrame. 


Kerajinan Makrame sebagai Table Runner 

kerajinan makrame



(Etsy


Jika Anda ingin menghadirkan nuansa meja makan yang sedikit berbeda, Anda bisa menjadikan kerajinan makrame sebagai table runner. Selain dapat melindungi meja makan dari kemungkinan kerusakan akibat wadah makanan panas yang langsung ditempatkan di atas meja. Sebagai pelengkap, gunakan tatakan gelas yang juga terbuat dari kerajinan makrame. Penggunaan kerajinan makrame sebagai table runner dan tatakan gelas akan memberikan nilai seni dan estetik pada area makan rumah Anda.


Kerajinan Makrame sebagai Hammock dan Ayunan Gantung

kerajinan makrame

(Simple Stylings / Pinterest)


Jika Anda ingin menikmati waktu senja di teras atau balkon rumah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan menggunakan hammock atau ayunan gantung, terlebih yang terbuat dari kerajinan makrame. Anda tidak perlu khawatir, karena simpul-simpul pada kerajinan makrame cukup kuat dan aman untuk menopang berat tubuh. Agar lebih nyaman, tambahkan cushion pillow


Kerajinan Makrame sebagai Sarung Cushion

kerajinan makrame

(Elyse Wilde)


Kerajinan makrame dapat bertransformasi ke berbagai dekorasi rumah yang unik, salah satunya adalah sebagai sarung cushion. Padukan sarung cushion makrame dengan furnitur kayu atau rotan, yang akan memperkuat kesan natural pada ruangan di rumah Anda. 


Kerajinan Makrame sebagai Tirai

kerajinan makrame

(@maison_macrame / Instagram)


Menggunakan kerajinan makrame sebagai tirai yang dipasang di jendela atau pintu akan membuat ruangan atau kamar tidur Anda terlihat semakin estetik, dan dapat menjadi penyaring cahaya yang masuk. Tak hanya itu saja, tirai dari kerajinan makrame juga bisa menjadi penyekat ruangan yang unik. 


Bagaimana, tertarik untuk mendekorasi rumah Anda dengan kerajinan makrame?


(Teaser & produk: Elyse Wilde)