Saat work from home (WFH) di masa pandemi, hal apa saja yang suka mengusik produktivitas Anda selama bekerja?

Beberapa hal yang kerap dialami adalah terdistraksi karena tidak punya ruang khusus bekerja. Belum lagi rasa penat pada fisik dan mental usai rally online meeting yang tak ada habisnya. Demi mempertahankan produktivitas dan kinerja yang selalu prima, ini saatnya refresh sudut ruang kerja milik Anda di rumah.





Bank DBS Indonesia dan MRA Media mengadakan seri ke-2 DBS eTalk Series bertajuk Design Practices to Live in Abundance guna berbagi pengetahuan yang bantu meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah berdasarkan insight para pakar Feng Shui dan Interior. Dipandu Cisca Becker, perbincangan kedua pakar, yaitu Jenie Kumala Dewi (Modern Feng Shui Expert) dan Kezia Karin (Founder dan Desainer Interior Kezia Karin Studio) mengupas tips mengenai desain ruang kerja yang nyaman sehingga mendukung suasana kerja dan meningkatkan produktivitas Anda.



MRA Media


DBS eTalk Series kali ini diperuntukan untuk nasabah private banking, DBS Treasures Private Client. DBS Treasures Private Client memberikan curated insight, curated product dan curated lifestyle agar nasabah selalu menjadi yang terdepan. 

Berjalan sejak tahun 2018, salah satu program terkait hunian modern adalah DBS Home Loan yang menawarkan KPR dengan bunga 5.5% fixed 1 tahun atau bunga 5.25% fixed 1 tahun untuk take over KPR dari bank lain.


Bank DBS Indonesia


Lalu, ada tips desain apa sajakah yang bisa Anda terapkan untuk menyegarkan suasana bekerja di rumah?


1. Choose The Best Spot

Working space terbaik adalah terletak di sudut ruangan dan bersuasana sepi karena minim akan distraksi. Rekomendasi lainnya adalah bisa memanfaatkan kamar tamu yang semakin jarang digunakan selama pandemi sebagai your new home office.

Feng Shui: Posisi duduk terbaik adalah membelakangi dinding solid yang merepresentasi energi yang stabil dan positif bagi karier. Bagi yang tinggal di rumah berlahan terbatas dan tidak memiliki ruang terpisah untuk bekerja, ciptakan batas semu melalui partisi sebagai siasat untuk meminimalisir gangguan selama kerja.




Baca juga, Tidak Punya Meja Kerja di Rumah Saat WFH? Ini Solusinya


2. Pencahayan Bagus = Sehat & Produktif

Pencahayaan dengan terang yang mencukupi dan merata di seluruh ruangan membuat mata menjadi tidak mudah letih. Contohnya adalah general lighting tipe warm white (3000 Kelvin). Walaupun demikian, Anda akan semakin fokus bekerja saat turut menghadirkan task light (Pencahayaan langsung untuk menerangi kegiatan tertentu) berupa lampu meja.

Feng Shui: Bersihkan energi negatif di ruang kerja yang gelap dengan mengeksposnya terhadap cahaya alami selama 3 -6 bulan berasal dari jendela ataupun skylight.


 Lucio Nocito Arquitetura / CASA Indonesia


Kezia Karin Studio

3. Recommended Color

Kezia Karin memaparkan bahwa tren warna di ruang kerja masa kini adalah Moody Neutrals, Neutral Pairs with Bright Color, Jewel Tones, dan Soft/Muted Colors. Contoh penerapannya adalah menggunakan paduan warna netral (putih, krem, dan abu-abu) dengan aksen warna cerah. Namun, jika Anda masih dalam mengekplorasi desain ruang kerja yang baru, aksen dapat dihadirkan melalui aksesori interior kecil seperti, cushion, lukisan, ataupun karpet.

Feng Shui: Di masa shio kerbau logam di tahun 2020, palet warna dalam elemen kayu memiliki sinergi yang baik dengan kehidupan dengan kondisi saat ini. Dikarenakan mampu menyuntikan hawa segar serta membawa keberuntungan dalam karier Anda.






Baca juga, Hindari 5 Hal Ini Supaya Rumah Banyak Bawa Hoki di 2021


4. Berantakan? You Need Storage!

Ruang kerja terlihat tidak rapi jika tidak memiliki lemari penyimpanan yang mencukupi. Dengan tampilan meja yang penuh dengan barang, ini akhirnya justru menyebabkan distraksi saat bekerja.

Feng Shui: Tumpukan barang tak berguna mampu mengumpulkan energi negatif di ruang kerja Anda. Inilah sebabnya lebih baik memiliki lemari penyimpanan berlebih dan terkategorisasi dengan baik.


Kezia Karin Studio



“Rumah kenapa bisa berantakan? Most likely karena storage yang tidak cukup. Karena tidak punya tempat untuk menyimpan barang pribadi, akhirnya barang ini ditaruh di atas meja, kabinet, sudut ruang, hingga dimana-mana” – Kezia Karin (Desainer Interior Kezia Karin Studio)


5. Tanaman sebagai Teman Kerja

Kehadiran tanaman hijau di ruang kerja merupakan vitamin V(isual) yang makin menyegarkan waktu bekerja Anda. Greenery ini bisa berupa tanaman pot kecil ditaruh di atas meja kerja, di lantai, maupun digantung.


Jenie Feng Shui / MRA Media


Baca juga, Tolak Stres, Letakan 5 Tanaman Hias ini Di Meja Kerja


Feng Shui: Warna indah milik aglonema disinyalir menyimbolkan kehidupan karier yang indah. Selain itu, kemuning serta wijaya kusuma turut menjadi tanaman yang direkomendasikan di sudut kerja. Akan tetapi, tanaman seperti mawar dan kaktus dianggap tidak cocok di ruang kerja karena wujudnya yang penuh duri kerap diartikan kehidupan penuh dengan intrik kurang menyenangkan.


#LiveinAbundance #LivemoreBankless #DBSTPC






Foto Teaser: Kezia Karin Studio