Jika Anda berniat untuk menyegarkan dan mempercantik rumah, menggantungkan tanaman gantung mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman dapat membantu mengurangi stres dan mengurangi polutan udara di dalam rumah. Dan tidak diragukan lagi bahwa tanaman dapat membuat rumah Anda, tidak peduli ukuran atau jenis akan membuat rumah lebih cozy dan welcoming.


Berikut ini beberapa tanaman hias gantung yang dapat menyegarkan dan mempercantik rumah. Yuk, cari tahu!





Anggrek

tanaman hias gantung

(Just Add Ice / Pinterest)


Bukan hal yang asing lagi, jika bunga anggrek menjadi salah satu tanaman hias paling favorite di seluruh dunia. Ini karena, selain bunganya yang harum, bunga juga dapat memberikan nilai estetik pada hunian Anda, terutama bila digantung bersama dengan tanaman hias lainnya. 


Merawat bunga anggrek terbilang cukup mudah. Anda hanya tinggal memastikan bunga anggrek mendapatkan cahaya matahari yang cukup, tidak berlebihan, dan beri air secukupnya setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.


English Ivy

Tanaman hias gantung

(Iamfy.co)


English Ivy atau Hedera helix adalah salah satu tanaman hias indoor terbaik untuk ruangan low light. Gantung English Ivy di rumah Anda, dijamin akan membuat rumah Anda lebih segar dan cantik. 


Tradescantia

tanaman hias gantung

(Hortology)


Tradescantia adalah tanaman hias yang biasanya berwarna ungu dengam corak yang unik, yakni belang-belang kombinasi warna ungu, putih, dan putih. Tak heran jika tanaman hias ini cocok untuk menghiasi dan menyegarkan hunian Anda. 


Tanaman hias ini juga sering disebut sebagai tough tropical plant, karena Tradescantia dapat tumbuh di berbagai keadaan lingkungan sehingga Anda dapat menanamnya di dalam atau di luar ruangan. Pastikan Anda merawat dan memberikan air secara rutin, agar Tradescantia dapat tetap hidup. 


Baca juga : Tidak Mudah Layu & Mati, Ini Dia 10 Tanaman Hias Tahan Panas


Philodendron Heartleaf

tanaman hias gantung

(Liz Calka / Apartment Therapy)


Tanaman hias ini memiliki bentuk daun berwarna hijau yang unik, yakni berbentuk hati. Keunikan inilah yang membuat Philodendron Heartleaf dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung di rumah. Menariknya, tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan ekstra, dan dapat tetap tumbuh meskipun dalam keadaan low light. 


Bunga Geranium

tanaman hias gantung

(Balcony Garden Web / Pinterest)


Memiliki warna yang menarik dan beragam, seperti merah mudah, ungu, biru, dan merah, membuat bunga Geranium layak untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung di rumah. Selain sebagai tanaman hias yang dapat menghiasi dan menyegarkan hunian Anda, bunga geranium juga dikenal sebagai tanaman anti nyamuk. 


Baby Tears

tanaman hias gantung

(House Plant Shop)


Jenis tanaman hias, baby tears, memiliki daun bulat kecil yang cocok ditempatkan di dalam ruangan. Merawat baby tears juga terbilang mudah, cukup letakkan tanaman hias ini di ruangan dengan keadaan low light, and voila! Baby tears Anda akan tetap tumbuh subur. 




Peperomia

tanaman hias gantung

(The Sill)


Terkadang, tanaman hias ini disebut baby rubber plant. Peperomia adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah ditanam, karena dapat tumbuh dalam keadaan cahaya rendah hingga sedang. Ada banyak varietas Peperomia, dan masing-masing memiliki warna dan pola daun yang berbeda.


Pothos


(The Garcia House / Pinterest)


Bagi Anda pemula dalam merawat tanaman hias, Pothos bisa menjadi pilihan jenis tanaman hias yang terbaik. Mengapa? Ini karena, tanaman hias ini tergolong kuat alias dapat bertahan berminggu-minggu tanpa air dan cahaya. Pothos atau Devil's Ivy, lebih menyukai keadaan cahaya sedang, namun dapat mentolerir keadaan cahaya yang rendah.


Spider Plant

tanaman hias gantung

(36 Vine)


Spider plant (Chlorophytum comosum) adalah tanaman hias klasik yang memiliki daun panjang dan batang melengkung. Gantung tanaman hias ini di ruangan dengan kondisi cahaya terang, meskipun begitu spider plant juga dapat menyesuaikan dengan kondisi ruangan minim cahaya. Namun, pastikan spider plant tidak terkena sinar matahari langsung dan sirami saat tanahnya agak kering.


Untaian daun spider plant dengan kombinasi warna hijau dan putih ini akan membuat ruangan terlihat lebih hidup dan segar. 


Baca juga : Bisa Mempercantik Rumah, Ini 8 Tanaman Hias Daun Merah


Chenille Plant

tanaman hias gantung

(Fair View Garden Center)


Chenille Plant memiliki bunga seperti ulat berbulu berwarna merah, yang akan memberikan warna pada ruangan di rumah Anda. Gantung Chenille Plant di tempat yang mendapat banyak sinar matahari, dan jaga kelembapannya agar tetap hidup dan warna tetap cantik. 


Fuschia

tanaman hias gantung

(Balcony Garden Web / Pinterest)


Fuschia adalah bunga yang memiliki bentuk tidak biasa dan ujungnya bergantung. Perpaduan kontras antara warna cerah bunga fuschia dan daunnya yang berwarna hijau tua, menciptakan hanging basket yang indah untuk teras rumah Anda. Fuschia lebih menyukai suhu yang lebih rendah dan tidak menyukai banyak sinar matahari. Tanaman hias ini akan tumbuh subur di tempat teduh hingga teduh parsial.


Bleeding Heart

tanaman hias gantung

(Etsy / Pinterest)


Rekomendasi lain untuk tanaman hias gantung adalah Bleeding heart. Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna merah muda-merah berbentuk hati dengan single hanging droplet dan batang melengkung. Dalam perawatannya, bunga Bleeding heart akan cepat mati jika terlalu banyak terkena sinar matahari. Jadi, pastikan untuk menggantung tanaman hias ini di tempat yang teduh. Tanaman hias ini juga perlu disiram secara rutin, terutama saat cuaca sedang terik. 


(Teaser: Foto & Desainer Interior: Fridlaa (@fridlaa) )