Ingin lihat sakura? Menurut nara sumber dan kerabat CASA Indonesia di Jepang, tahun ini bunga cantik itu terlambat berkembang sehingga masih banyak kota yang dipenuhi Sakura.


Jadi masih ada kesempatan. Ayo!





Jika ingin travelling ke Jepang, biasanya traveller akan mengunjungi kota Tokyo, Osaka dan Kyoto. Memang itu tiga kota wajib, tapi ternyata ada kota lain yang menarik untuk dilirik. Melihat bunga Sakura tentu menjadi wisata yang paling ditunggu-tunggu, namun Jepang menyimpan banyak museum dan gedung menarik yang perlu dimasukan ke dalam daftar liburan Anda.

Jauh dari keteraturan Tokyo dan keriuhan Osaka, Naoshima dan Teshima menjadi tempat yang bergerak dengan ritme pedesaan yang santai namun menyimpan banyak cerita di setiap sudut pulau.

Kota Naoshima dan Teshima di Jepang memang masih terdengar asing namun menyimpan banyak kejutan dan bersahaja. Dua pulau kecil jauh dari hiruk pikuk kota besar cocok untuk para penikmat seni dan arsitektur. Terletak di tengah-tengah Seto Inland Sea, Perfektur Kagawa, Jepang, akses transportasi cukup mudah dan cepat.

Untuk mencapai kedua pulau dibutuhkan 30 menit perjalanan dari stasiun Shinkansen Shin-Osaka ke stasiun kereta Uno, kemudian dilanjutkan dengan kapal cepat ke Ieura Port, pelabuhan utama pulau Teshima.

Berikut 9 tempat wisata yang perlu dikunjungi menurut versi Adinda Astrawinata, seorang desainer interior yang mencintai travelling:

1. Shima Kitchen yang didesain oleh Atelier Ryo Abe dan telah memenangkan Emerging Architecture Awards 2010 (Kota Teshima).


2. Teshima Art Museum yang memiliki satu artwork matriks karya Rei Naito (Kota Teshima)



Berpindah dari Teshima ke Naoshima tidaklah sulit. Cukup kembali ke Ieura Port untuk menaiki kapal ke Miyanoura Port. Naoshima sendiri awalnya adalah desa nelayan. Mengelilingi pulau Naoshima dapat dilakukan dengan menaiki bis, berjalan kaki atau menyewa sepeda.

Hanya dibutuhkan 400 yen untuk menyewa sepeda seharian. Dengan tipologi alam yang berbukit, menggunakan sepeda dengan gigi jauh lebih memudahkan walaupun lebih mahal. Pastikan untuk menjelajahi seluruh pulau karena banyak instalasi seni yang tersebar di seluruh pulau.


3. Chichu Art Museum karya seni dari arsitek ternama Jepang, Tadao Ando (Kota Naoshima)



4. Lee Ufan Museum yang dirancang oleh Tadao Ando pada tahun 2010 (Kota Naoshima)




5. Toko roti Pan Tocori, satu bakery dengan roti yang sangat enak di tengah usaha menggenjot sepeda sekuat tenaga ke arah Chichu Museum (Kota Naoshima)




6. Art Project House (Kota Naoshima)






7. Geometric Naoshima Pavillion karya Sou Fujimoto (Kota Naoshima). Para wisatawan bisa menjelajahi setiap sudut dari tempat ini. Bermain selayaknya anak kecil di playground




8. Three Squares Vertical Diagonal karya George Rickey (Kota Naoshima)



9. Memang kota Tokyo tidak bisa dipungkuri untuk dikunjungi. Bagi pecinta arsitektur dan desain, bangunan toko Miu Miu di Aoyama, Tokyo karya arsitek Herzog & de Meuron terlihat menarik dan bisa dijadikan inspirasi




Foto oleh Adinda Astrawinata, Agie Aditama, Jens Jensen, Nacasa & Partners, Katezawa, Travelmagnolia, Imgrum