Selain menghadirkan furnitur asal Swedia, Ikea kerap bekerja sama dengan seniman-seniman dari manca negara untuk menghadirkan koleksi seni limited edition di acara Ikea Art Event.

Acara ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015 dan diadakan secara bersamaan di setiap negara, terutama di Indonesia. Ikea Art Event sempat mengajak seniman lokal papan atas yaitu Eko Nugroho untuk koleksi art poster di tahun 2015.

Peluncuran produk ini selalu diramaikan dengan press conference, exhibition, dan workshop yang mengundang seniman serta komunitas seni.


Kali ini, Ikea berkolaborasi dengan delapan seniman yang masing-masing membuat sebuah figurine dalam acara Ikea Art Event 2018.



Kedelapan seniman tersebut adalah adalah:

1. Arkiv Vilmansa, toy designer dan painter dari Indonesia 

2. Michael Lau, ilustrator dan desainer mainan dari Hong Kong

3. Nathan Jurevicius, seniman dari Kanada

4. Junko Mizuno, seniman manga dari Jepang

5. Coarse (Mark Landwehr dan Sven Waschk), pemahat dari Jerman

6. James Jarvis, ilustrator dari Inggris, dan

7. Ludvig Löfgren, seniman gelas dari Swedia.

8. Joe Ledbetter, seniman dan desainer mainan dari Amerika





Delapan koleksi dalam Ikea Art Event 2018 ini baru saja diluncurkan tahun ini dan dijual terbatas di Ikea seluruh dunia secara bersamaan. Arkiv sebagai seniman asal Bandung ini meluncurkan karyanya bernama Hira yang berarti mimpi yang baik.


Di akhir bulan Maret lalu, Arkiv hadir di Ikea Alam Sutera, Tangerang untuk berbicara di press conference dan melakukan workshop demo untuk tamu undangan dan media.




Di tengah-tengah acara, komunitas Upload Kompakan sebagai tamu undangan diajak mengikuti glass painting workshop. Arkiv memandu workshop ini dan diakhiri foto bersama.


Dijual tidak lebih dari seratus unit, Hira dan tujuh figurine lainnya dapat ditemukan di Limited Collection Shop yang terletak di lantai dasar Ikea, Alam Sutera.



Foto dan Video oleh CASA Indonesia

Foto kompilasi produk oleh Ikea