Menurut penelitian Lois B.Wexner pada tahun 1954 tentang keterkaitan warna dengan suasana hati, ternyata kepribadian seseorang bisa dikaitkan dengan makna warna. Warna bisa saja warna pakaian, furnitur, dinding rumah, atau dekorasi yang Anda pilih.

Warna dipercaya melibatkan respon psikologi juga fisiologi manusia dan sangat berpengaruh terhadap jiwa seseorang, kepribadian hingga kesehatan. Oleh karena itu, ketahui dahulu makna dan mood apa yang ditimbulkan dari warna yang Anda pilih untuk hunian.

CASA menelusuri apa saja makna dan penjelasan tentang kepribadian dari keenam warna di bawah ini


1. Biru


ruang tamu bernuansa biru


Palet biru yang konon memberi kesejukan pada hunian ternyata menjelaskan karakter pribadi yang konservatif. Aplikasi warna ini tentu akan banyak tampak pada ruang-ruang yang biasa digunakan bersama keluarga, karena Anda mencintai kedamaian, keharmonisan, sensitif dan memiliki perasaan spiritual yang lebih baik dibandingkan warna-warna lainnya. Dalam pergaulan, Anda adalah tipe yang gemar bersosialisasi, jujur, tulus namun sedikit keras kepala.


ruang makan bernuansa biru



(Baca juga: 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur)


2. Merah


Full of passion and romance, inilah suasana yang muncul dari palet vibran tersebut. Warna merah adalah warna yang beraura kuat, menimbulkan gairah dan energi untuk sosok-sosok ambisius, berani dan penuh semangat. Memoles dinding atau mengatur item-item kecil bernuansa merah pada area kerja di dalam hunian adalah teknik jitu untuk membangkitkan energi dalam bekerja.


ruang tamu bernuansa merah



3. Hitam


Mungkin tak banyak yang ingin menciptakan kesan misterius dalam hunian lewat nuansa serba hitam seperti ini. Karena memang benar, pencinta warna hitam adalah sosok yang tertutup, tidak suka menonjolkan dirinya serta memiliki pola pikir yang sulit untuk diterka.

Percaya atau tidak, jika cerdik mengaplikasikan warna hitam pada ruangan, baik pada dinding maupun berbagai item untuk interior ruang, maka warna ini akan menciptakan aura elegan, sophisticated dan simbol kemakmuran bagi siapapun yang tinggal di dalamnya.

Anda pun termasuk pribadi yang patuh pada tiap langkah dalam penyelesaian suatu hal terutama pekerjaan, dan selalu memastikan semua pekerjaan selesai hingga detail yang terakhir. Setuju?


ruang tamu bernuansa hitam dan abu abu



4. Putih


Di era modern seperti sekarang ini, tidak sedikit yang mengaplikasikan unsur minimalis pada hunian, dan nuansa bersih serta sederhana dari palet ini kerap menjadi pilihan yang sesuai jika diaplikasikan pada interior, terutama dinding.


kamar tidur bernuansa putih



kamar tidur nuansa putih dan lantai kayu


Jika Anda adalah salah satunya, bisa dikatakan, Anda merupakan pribadi yang perfeksionis, cinta akan kedamaian namun cukup tertutup juga sensitif. Seringkali, penikmat warna ini memiliki standar yang tinggi dalam segala hal.


(Baca juga: Cara Mendekorasi Rumah dengan Warna Pantone)


5. Hijau


ruang tamu bernuansa hijau


Anda merupakan pribadi yang cinta akan keindahan, cenderung memiliki emosi yang stabil serta penuh toleransi. Warna ini disukai oleh mereka yang berkepribadian lembut. Penyuka warna hijau biasanya terus terang dalam berkata-kata serta mampu bersosialisasi dengan baik. Anda pun menyukai kedamaian hidup dan karenanya akan melakukan berbagai hal untuk mencapai hal itu.

6. Cokelat

Nuansa cokelat pada interior hunian menjelaskan pribadi dengan pendirian yang kuat, sabar dan bisa diandalkan. Tetapi karena pendirian kuat mereka dipadu dengan sikap konservatif, hal itu menjadikan mereka keras kepala dan minim untuk dapat fleksibel dalam segala kondisi. Selain itu, Anda senang jika diberi tanggung jawab dan akan berusaha menjalankan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya.


ruang tamu bernuansa cokelat



(Foto: courtesy of designlike.com, decoholic, home-designing.com, katecaudillo.com, hyderabadinteriordesigners.in, theluxhome.com, mforum Pinterest)