Akhirnya, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk berpameran di Salone del Mobile 2018 di Milan. Sebuah pameran furnitur bergengsi yang telah diselenggarakan sejak tahun 1961 ini akan menghadirkan lebih dari 2.000 eksibitor dari seluruh dunia.


Sebelumnya, Indonesia tampil di Tortona Design Week, event yang terhubung dengan Salone del Mobile 2017. Tahun ini adalah keterlibatan pertama bagi Indonesia di pameran inti Salone del Mobile dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI).



(Round Iron and Bamboo Coffee Table karya Andre Suryaman)


Salone del Mobile 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 17-21 April 2018. Paviliun Indonesia akan berlokasi di RHO, Hall 14, Stand F 30. Paviliun Indonesia akan bertajuk IDentities, yang berarti banyak atau beragam selayaknya Indonesia yang memiliki keragaman material dan budaya; serta tema spesifik untuk tahun ini adalah Global Creative Resources. 


Ini sebuah kesempatan besar dan menjadi ajang yang luar biasa untuk dinantikan. Karya-karya unggulan dari ke-27 peserta Indonesia yang telah dikurasi hingga tiga tahap ini berada di wadah yang tepat.



(Raul Renanda di area Designer Showcase di CASA Indonesia 2017)


Beberapa desainer muda yang pernah terlibat di CASA Design Challenge dan Young Desingers di pameran CASA Indonesia tampak hadir meramaikan paviliun di Milan, seperti Eugenio Hendro, Alvin Tjitrowirjo, Harry Mawardi, Denny Priyatna, Zulyo Kumara, Cynthia Margareth, Abie Abdillah, dan lainnya.



(Angan karya Alvin Tjitrowirjo di booth pameran CASA Indonesia 2017)


Nama arsitek dan desainer interior senior pun yang pernah berkolaborasi di pameran CASA Indonesia juga ada, seperti Cosmas Gozali, Budi Pradono, dan Raul Renanda.


"Pameran desain tertua ini menjadi kiblat dan rujukan untuk desain-desain mebel yang memperlihatkan kualitas, kreatifitas, dan inovatif," papar Joshua Simanjuntak selaku Deputi Pemasaran Bekraf Indonesia saat press conference di Jakarta Pusat.




Sesuai dengan pengamatan langsung, angka returning tenants di pameran ini sangat tinggi. Para perusahaan mebel skala besar menjadikan Salone del Mobile sebagai ajang peluncuran produk terbaru. 


Pemasaran dari pameran ini tidak tanggung-tanggung. Bekerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC), spanduk IDentities terpampang di kereta di Milan selama 2 bulan. 


Foto oleh CASA Indonesia, Bekraf, Alessandro Russotti/Radja.se