Adalah sebuah impian mempunyai rumah yang sejuk dan dirancang selayaknya resort Bali walaupun berlokasi di tengah-tengah keramaian kota Jakarta. Desain rumah modern tropis sangat cocok diaplikasikan bagi Anda yang menyukai nuansa berwarna netral dan hangat.




Kunci dari perancangan rumah sejuk adalah sirkulasi udara yang mengalir serta menghadirkan tanaman hijau, baik itu berupa taman kering atau sekadar pot di ruangan. Rumah yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk ini adalah hasil rancangan dari arsitek Denny Gondo (principal Studio Air Putih) dan desainer interior Rudy Dodo (principal Trivium Design Group). 





Hunian di atas lahan seluas 2.700 meter persegi ini sangat terasa sejuk berkat sirkulasi udara yang dirancang sedemikian rupa dan kehadiran kolam ikan di main enterance, perpustakaan, hingga pekarangan rumah. Sang pemilik rumah memang menyukai instalasi seni pengaturan tanaman air atau disebut aquascape. 




Beberapa perumahan di kawasan Pantai Indah Kapuk biasanya memiliki ciri khas gaya arsitektur klasik. Namun Denny Gondo selaku arsitek berpendapat bahwa gaya tropis modern dirasa lebih cocok di negara Indonesia yang memiliki curah hujan serta terik Matahari yang cukup tinggi. Atap bangunan dengan teritis lebar adalah salah satu solusi untuk melindungi tempias saat hujan.


“Konsep tropis modern menghadirkan suasana yang rileks, jauh dari kesan kaku, namun tetap mampu menghadirkan nuansa kehidupan modern,” papar Denny Gondo sebagai principal Studio Air Putih. Hunian ini juga terdiri dari beberapa massa bangunan agar keterlibatan ruang luar terasa kuat di dalam bangunan. 




Mulai dari arsitektur bangunan hingga interior, hunian ini terlihat simple. Namun ternyata ada kerja keras dan kerumitan di balik pengerjaannya. “Rumah ini dirancang sangat spesial karena menggunakan ceiling kayu serta balok-balok tanpa sambungan. Semua elemen dari rumah ini, mulai dari ceiling, dinding, lantai, serta pintu terintegrasi dengan baik dan rapi,” jelas Rudy Dodo selaku principal Trivium Design Group untuk desain interiornya. 



Baca juga, 5 Tips Merancang Rumah Tropis




Salah satu desain ceiling kayu tersebut terletak di dining room yang terinspirasi dari ceiling Joglo versi modern. Terpampang selayaknya art piece, marmer dari Italy Statuario pada dinding dan chandelier di tengah dining room menambah statement. 



Trivium Design Group menambah sedikit motif oriental yang disederhanakan pada pintu dining room. “Rumah ini sudah banyak menampilkan unsur garis desain sederhana, sehingga perlu aksen dan detail yang berbeda,” lanjutnya saat mengelilingi seluk beluk rumah seluas 1.000 meter persegi ini. Uniknya lagi, pertemuan ceiling dengan dinding dibuat shadow line sebesar empat sentimeter sehingga ada permainan dimensi di seluruh rumah. 





Rumah bertingkat dua ini berfitur empat kamar tidur dengan kamar mandi pribadi di dalamnya. Setiap ruangan mendapatkan panorama kolam renang dan lapangan golf yang hijau. Selain desain yang terintegrasi, rumah ini dilengkapi dengan sound system yang bisa memainkan lagu yang sama di setiap ruangan hingga area outdoor. 




Foto oleh Sefval Mogalana

Arsitektur oleh Studio Air Putih

Desain Interior oleh Trivium Design Group

Desain Pencahayaan oleh Hadi Komara

Kontraktor oleh Hans Lala