Selain tampil di Jakarta seperti tahun-tahun lalu, Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) akan berpameran di Tortona, Italia. Untuk pertama kalinya, Indonesia terlibat di pameran Superdesign Show; dan ICAD menjadi pionir.

Pada tanggal 17-22 April 2018, Milano Design Week akan diramaikan oleh pameran desain yang tersebar di beberapa lokasi, seperti Salone del Mobile dan Superdesign Show.

(Tumbuh oleh ICK)

ICAD by Artura yang dikelola di bawah Yayasan Design + Art Indonesia telah diselenggarakan sejak sembilan tahun lalu. Tema besar pameran ICAD 2018 adalah "Kisah?" dan tema spesifik untuk Superdesign Show 2018 adalah "Java Blues".



(Jewerly collection oleh Tulola)


"Exhibitor lainnya adalah brand-brand terkenal maka konsepnya adalah: Bagaimana cara Indonesia mencuri perhatian? Kami mau memberikan kisah yang berbeda dengan membawa produk yang identik dengan budaya kita, tapi dalam nuansa warna biru seperti kain batik, keramik, dan lainnya," papar Diana Nazir selaku principal Artura di press conference.



(Press conference di Artura designershop, Grandkemang Jakarta)


Alasan mengapa ICAD terlibat di pameran ini karena di saat pameran lainnya bersifat trading, Superdesign Show justru mendepankan konsep pameran, selayaknya museum. Dan konsep ini sesuai dengan ICAD yang meleburkan seni dan desain.



(Sri Rejeki oleh Ucup Baik)


Sebuah pencapaian yang luar biasa, ICAD bisa berpameran di Milan bersama enam talenta kreatif, yaitu Harry Purwanto (brass art), ICK (mix-media ornament), Tulola (jewerly), Ucup Baik (woodcut artwork), Jenggala (keramik), Nita Kenzo (batik).



(Koleksi keramik vas dari Jenggala)


ICAD akan menempati Superstudio booth 6Eb seluas 60 meter persegi untuk 59 produk. "Pada booth, kami mengurangi unsur dekoratif namun lebih berunsur museum. Akan ada permainan lighting"



(Gunungan oleh Harry Purwanto)

Superdesign Show sudah berlangsung sejak 20 tahun. Nama-nama desainer, arsitek, dan brand yang terlibat juga tidak tanggung-tanggung, seperti arsitek Nendo dan brand Boffi. Giulio Cappelini akan merancang satu area khusus bernama Superloft yang berkolaborasi dengan brand furnitur papan atas.


(Kain Celeng Kewengan dan Liris oleh Nita Kenzo)


Jangan lupa juga kunjungi pameran ICAD di Grandkemang Hotel, Kemang, Jakarta Selatan pada tanggal 18 Oktober - 30 November 2018.


Foto oleh CASA Indonesia dan ICAD