Less is more, mungkin pendekatan ini sudah akrab di telinga Anda, terutama jika dikaitkan dengan ide dekorasi maupun interior hunian yang mengambil tema minimalis.

Istilah minimalis yang populer pada tahun 1960-an tersebut kian menjadi primadona para pemilik hunian di kota-kota besar, tak jarang pula ditemukan di Ibukota. Apakah Anda salah satunya?

Selain karena nuansa yang menenangkan berkat tidak banyak furnitur yang mengisi ruangan, Anda pun tak perlu berinvestasi dalam jumlah lebih pada berbagai macam instrumen yang harus dimiliki.

Salah satu ruangan yang paling sering didesain dengan nuansa minimalis adalah ruang tidur, dengan tujuan meningkatkan kenyamanan saat Anda tengah beristirahat maupun bonding time bersama keluarga.

Poin penting untuk tema dekorasi minimalis ini adalah spacious room dengan jumlah furnitur serta detail yang tidak berlebih dan berfokus pada pemilihan warna-warna natural maupun pastel serta permainan tekstur yang akan menghidupkan suasana. Berikut tips mudah yang dapat Anda tiru di musim panas ini.


1. Sense of Calm

kamar tidur dengan nuansa putih tenang

Warna-warna natural, seperti putih, putih gading, abu-abu muda atau krem akan memberi kesan lapang pada ruang tidur. It's fresh-looking. Meski tren minimalis dahulu jauh dari perpaduan warna lain selain opsi tadi, Anda tak perlu terpaku pada satu palet warna saja, padukan warna-warna tersebut dengan palet menenangkan semisal cokelat, biru, maupun olive green.


Baca juga: 6 Arti Warna Sesuai Kepribadian


2. Quality over Quantity

kamar tidur rapi nuansa putih dengan linen

Ide dekorasi ruang semacam ini memang tidak membutuhkan terlalu banyak barang, namun pilih berbagai macam furnitur serta material seperti seprai, selimut, bantal, juga karpet dengan kualitas terbaik. Fine cotton maupun linen, misalnya, bisa menjadi pilihan Anda.


Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


3. Peel the Layering Off

tempat tidur dengan selimut tipis

Jauhkan berbagai tumpukan selimut tebal pada kasur Anda, semisal duvet maupun quilt atau selimut tiga lapis. Di musim ini, cukup pilih selimut berbahan lebih tipis seperti fine cotton yang tak hanya memberi efek minimalis yang menyenangkan namun juga menyejukkan ketika suasana semakin hangat.


Baca juga: 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


4. Atraksi Tekstur

kamar tidur dengan karpet bulu domba

Pemilihan tekstur sangat dianjurkan pada dokerasi bertipe minimalis, terutama untuk mengelevasi tampilan ruang tidur Anda agar tidak menjenuhkan. Sebagai contoh, aplikasi bantal aksen beledu serta karpet bermaterial bulu domba dengan palet warna senada, seperti cokelat maupun abu-abu muda.


Baca juga: Tips Dekorasi Interior untuk Pemilik Zodiak Aries


5. Elemen Kayu

kamar tidur bernuansa kayu

Jika gemar menonton serial Korea, tentu tak jarang Anda melihat berbagai elemen kayu yang menghiasi sejumlah ruangan di serial tersebut. Elemen kayu ini mampu memberi kesan hangat dan tenang, terutama jika diaplikasian pada ruang tidur. Elemen kayu dapat berwujud furnitur seperti kursi dan meja, hiasan dinding juga ranjang.


6. Penempatan Cermin

kamar tidur dengan cermin tinggi di kiri ranjang

Untuk menciptakan dimensi yang lebih luas pada ruang tidur, atur posisi cermin dengan ukuran yang cukup besar pada sisi kanan ataupun kiri ranjang.

(Foto: courtesy of home-designing.com, Pinterest)