Terkadang, sudut ruangan adalah area terumit ketika mendekorasi sebuah ruangan. Meski kerap terhalang dari pandangan, namun sudut ruangan tetap merupakan bagian rumah secara keseluruhan dan tak jarang punya banyak kegunaan bagi si pemilik hunian. 

Oleh karena itu, Anda pun harus memaksimalkan tampilan sudut ruangan dengan dekorasi dan pilihan furnitur yang tepat. Berikut tipsnya:



1. Jadikan sudut ruangan sebagai perpustakaan mini.

Dapat dilakukan dengan penempatan meja setengah melingkar maupun rak buku serta kursi maupun karpet di lantai. Aktivitas membaca bisa jadi opsi seru bagi putra-putri Anda.

perpustakaan mini di sudut kamar tidur


2. Akuarium untuk mengurangi stres.

Pilih setidaknya akuarium berbentuk bundar atau tabung dengan diameter tidak terlalu besar berisi ikan-ikan hias.

akuarium kecil di sudut ruang tamu

Norrum aquarium

Hal ini tak hanya dapat mempercantik tampilan sudut ruangan yang polos namun juga memberi ketenangan bagi pemilik hunian. Menyaksikan ikan-ikan hias pun dapat dijadikan sebagai terapi bagi penderita alzheimer serta anak yang hiperaktif.


Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


3. Monstera deliciosa atau jenis tanaman berdaun lebar


Tujuannya untuk menghidupkan suasana asri serta menjaga kualitas udara di dalam ruangan, terutama jika posisi sudut ruangan berdekatan dengan jendela.

tanaman berdaun lebar di sudut ruang tamu

Kebun Jeruk Residence/ Moie

Hiasan hayati ini akan tampak lebih impresif jika Anda memilih pot yang tepat. Hadirkan detail menarik seperti motif mozaik, permainan warna maupun material berbeda semisal rotan untuk membuatnya tetap sebagai primadona di dalam ruangan.


4. High back rest

High back rest dapat menutupi area kosong di sudut ruangan, baik itu pada ruang tamu maupun ruang tidur. Jenisnya boleh saja sofa bercorak atau kursi anyam bermaterial rotan untuk mood yang lebih kasual.

kursi high back rest di sudut ruangan



Desain interior oleh Tamara Wibowo


5. Standing lamp dengan desain kokoh dan detail kompleks yang serasi

Digunakan sebagai elemen dekoratif dalam interior. Wujudnya dituntut lebih dari sekadar sarana penerangan. Bahkan, sering kali item dekoratif ini menjadi pertimbangan utama ketika mendekorasi ruang tamu.

standing lamp di Pantai Indah Kapuk Residence


Pantai Indah Kapuk Residence, desain interior oleh Yuni Jie/Moie


standing lamp di ruang kerja

Desain interior oleh Jetta Living


Baca juga: 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


6. Art piece


Art piece seperti patung, lukisan dan guci berukuran tinggi adalah teknik pengisian ruang yang tak jarang diaplikasikan untuk interior bernuansa minimalis dan modern, tentu menyesuaikan luas ruangan terlebih dahulu sebelum menempatkan art piece tersebut.

lukisan art piece di hall rumah

Arsitektur oleh Antony Liu, Ferry Ridwan/ Studio Tonton


7. Rak dinding minimalis

Rak dinding minimalis untuk menyimpan buku-buku favorit Anda, pigura dengan foto-foto keluarga, koleksi action figure ataupun vas bunga mini untuk mempermanis tampilannya. Desain rak buku ini pun beragam mengikuti keinganan Anda.

ruang tamu dengan Rak dinding minimalis



Foto: dok. CASA, designmilk.com, arsitag.com, ikea, moie