Kembali, Zaha Hadid menuai decak kagum setelah salah satu proyek mahakarya sang architectural genius rampung beberapa waktu lalu.

Meski telah tutup usia di tahun 2016, aspirasinya dalam berkarya tak henti menghidupkan spirit aksitektur dengan napas modern, kompleksitas rumit namun indah yang membuatnya istimewa.

Karya-karya yang terbilang imajinatif dan berkarakter unik mungkin tak jarang Anda lihat pada sejumlah bangunan megah di berbagai penjuru dunia, sebut saja Dongdaemun Design Plaza di Seoul hingga Riverside Museum di Glasgow.




Namun kali ini, mahakarya arsitektur berdarah Irak-Inggris tersebut terbilang berbeda dari biasanya.



Capital Hill Residence


Ialah Capital Hill Residence, sebuah properti berdesain neo-futuristik serupa kapal antariksa dengan luas sekitar 3716 meter persegi. Properti ini merupakan hunian pribadi milik konglomerat Rusia, Vladislav Doronin.

Uniknya, hunian dengan ketinggian mencapai 22 meter di atas permukaan tanah tersebut berlokasi di area perhutanan Barvikha, 200 mil di luar kota Moscow, sehingga dikelilingi hamparan pepohonan tanpa hiruk-pikuk kota metropolitan.


Baca juga: 6 Tren Dekorasi Rumah di Tahun 2018




Awal tercetus ide pembangunan Capital Hill Residence adalah ketika Vladislav bertemu Zaha Hadid pada sebuah perhelatan yang berlangsung di London dan membahas banyak hal tentang properti, salah satunya rencana pembangunan properti Vladislav di kota Moscow.

Namun karena kesamaan visi serta kecintaan keduanya akan desain avant-garde dan karya seni bernilai tinggi, pengusaha di bidang real estate sekaligus CEO Aman Resort dan OKO Group ini pun sontak meminta Zaha untuk merancang hunian masa depan baginya terlebih dahulu.

Barulah pada tahun 2006 lalu, proses desain dan pembangunan Capital Hill Residence resmi dimulai.




Baca juga: Desain Rumah Tropis Keluarga Modern



Pemandangan hutan Barvikha


Baca juga: Wajib Lihat, Tampilan Showroom Da Vinci yang Baru



Interior di dalam Capital Hill Residence


"Saya telah banyak menjalani proyek megah seperti gedung-gedung pencakar langit. Tapi rasanya tidak percaya ketika saya bisa membangun rumah ini bersama Zaha", ungkap Vladislav.

Didesain megah dan menjulang tinggi, properti yang menghabiskan dana sebesar 140 juta dollar Amerika Serikat tersebut memiliki sejumlah fasilitas fantastis. Sebut saja kolam renang seluas 20 meter persegi, spa, klab malam, pusat kebugaran, perpustakaan serta taman bernuansa Jepang.

"Zaha telah sukses menciptakan a livable sculpture", pungkasnya.




Foto: courtesy of dezeen.com, YouTube, OKOGroup.com, Mary Mc Cartney