Selain mempersiapkan detail demi detail untuk pesta pernikahan, kamar tidur pun merupakan hal esensial yang patut disertakan dalam agenda persiapan Anda. Karena, tentu banyak hal lain yang harus dipertimbangkan dalam dekorasi kamar tidur, mengingat Anda tidak hidup seorang diri setelahnya.

Beberapa tips berikut dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dekorasi kamar tidur yang tak hanya nyaman namun akan menciptakan mood romantis saat menghabiskan waktu bersama pasangan.




1. Bring some appeal to your bed

Beri perhatian lebih pada ranjang, karena momen berdua pasangan akan banyak sekali dihabiskan di sini.

kamar tidur dengan ranjang unik

Anda bisa menghadirkan detail-detail menarik, misalnya pada area headboard atau sandaran ranjang maupun varian tempat tidur yang berbeda, seperti ranjang kanopi berhias kain dekoratif yang saling silang pada tiangnya, maupun dibiarkan menjuntai ke lantai. Tidak ada salahnya memberi unsur dekoratif meski tema minimalis tengah menjadi pilihan banyak pasangan modern kini.


Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


2. Color yourself calm

Pilihan warna-warna ringan pada dinding memberi kehangatan di dalam ruangan, seperti nuansa putih, putih gading, cokelat, atau abu-abu muda.

kamar tidur dengan warna cat cokelat muda dan krem

Namun kondisikan dengan keinginan pasangan Anda untuk menciptakan kenyaman bagi keduanya. Jika pasangan menyukai warna yang lebih bold seperti merah, boleh saja memberi detail warna demikian pada area-area juga furnitur tertentu, misalnya sofa, cushion, atau karpet bermaterial bulu.


3. Dekorasi dinding dengan wallpaper bermotif

Entah itu motif flora berukuran mini namun jangan terlampau masif.

kamar tidur dengan wallpaper motif bunga

Jika enggan, pusatkan perhatian pada penempatan pigura foto Anda dan pasangan di dinding kamar. Tidak perlu satu foto berukuran besar, Anda pun bisa menempatkan beberapa pigura dengan momen foto yang berbeda-beda pula.


Baca juga: 25 Motif Wallpaper Dinding Kamar dan Tips Perawatannya




4. Botanical blessings

Dekorasi bunga untuk menciptakan atmosfer yang lebih romantis dan sensual di dalam area kamar tidur.

sudut kamar tidur yang dihiasi bunga

Pilihannya jatuh pada peony, cherry blossoms, orchid, narcissus, maupun chrysanthemum. Varian bunga ini tidak mengeluarkan aroma menyengat dan tampil dengan wujud yang menawan.


Baca juga: Tanaman Hias Apa yang Cocok di Dalam Rumah?


5. Sesuaikan pencahayaan di dalam kamar tidur

Caranya dapat melalui pemilihan lampu maupun penataan jendela pada kamar Anda.

kamar tidur dengan lampu meja kecil

Untuk kamar tidur, lampu dengan dimmer akan sangat baik jika memungkinkan, sehingga Anda bisa mengatur intensitas cahaya berdasarkan aktivitas. Jangn lupa, letakkan saklar lampu dekat dengan ranjang untuk mempermudah mobilitas.


6. Furnitur multifungsi

Hal ini untuk memangkas jumlah furnitur di dalam kamar tidur sehingga memberi kesan space yang lebih luas. Because space is always a big issue for newlyweds. Misalnya, Anda dapat memilih ranjang dengan laci di area bawah atau mengganti ukuran matras menjadi queen size ketimbang king size.

ranjang tidur dengan laci di bawah


Baca juga: 10 Cara Menghias Kamar Menjadi Baru Lagi


Foto: courtesy of Dulux, decoist.com. Da Vinci Indonesia, Luxart, Ikea