Membuktikan bahwa kardus merupakan material ramah lingkungan yang juga versatil, Nudes, studio arsitektur asal India merancang sebuah kafe dengan menggunakan cardboard sebagai material utama.


Telah Dibuka! Kafe Terbuat dari Kardus Pertama di India




Berlokasi di Mumbai, penggunaan kardus sebagai bahan bangunan utama di kafe ini mencakup hingga 90 persen. Material tersebut digunakan untuk membentuk dinding, meja, kursi, hingga kop lampu. Alasan lain dalam menggunakan kardus adalah, karena bahan tersebut juga mampu untuk menyerap resonansi suara, yang tentunya sangat berguna untuk sebuah kafe yang ramai. 


Telah Dibuka! Kafe Terbuat dari Kardus Pertama di India




Dalam proses pembuatan furniturnya, dibutuhkan banyak lapisan kardus yang dipotong menggunakan mesin secara presisi untuk memproduksi satu jenis furnitur sehingga mendapatkan hasil lekukan sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Agar membuat furnitur unik ini dapat tahan terhadap air dan perubahan suhu, setelah dibentuk, lapisan berbahan dasar lilin diaplikasikan pada setiap sisi dari kardus-kardus.


Telah Dibuka! Kafe Terbuat dari Kardus Pertama di India


Dilansir Dezeen, Nudes juga berharap dengan kehadiran kafe dari kardus ini mampu menjadi inspirasi untuk penggunaan material ramah lingkungan di masa depan.


Sumber foto: Mrigank Sharma