Cuaca di negara tropis memang sangatlah terik, butuh treatmen khusus agar hunian Anda bisa nyaman. Salah satu elemen rumah yang perlu Anda perhatikan adalah kanopi. Kanopi rumah merupakan rangka dan atap yang biasanya dipasang di beranda depan rumah atau bangunan.

Fungsi kanopi ini adalah memberikan kesan peneduh bagi hunian. Area bawah kanopi yang teduh dapat Anda pergunakan untuk bersantai, selain itu fungsi lain adalah untuk penutup area carport. Adapun besaran dari kanopi sendiri bisa disesuaikan dengan besaran kebutuhan ruang seperti parkiran untuk 1 mobil atau 2 mobli, area bersantai dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 7 model kanopi minimalis untuk teras rumah yang dapat dijadikan referensi.


1. Kanopi minimalis dari besi untuk rumah modern industrial

Kanopi dengan material besi adalah material paling lazim digunakan dan mudah ditemui. Material ini dipilih karena lebih tahan lama. Besi juga bisa dikombinasikan dengan kayu maupun kaca. Beberapa jenis besi seperti besi batang, hollow dan baja. Pemberian cat juga menentukan hasil akhir kesan sebuah kanopi, seperti cat warna hitam menggambarkan kesan industrial.


7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Sumber foto : Sanjay Kewlani


2. Kanopi kayu yang artistik

Jenis kanopi ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Selain material yang ramah lingkungan, kesan menyatu dengan alam juga sangat cocok untuk desain rumah di area tropis ini. Beberapa jenis kayu juga cocok dijadikan referensi untuk kanopi, seperti kayu balok, lumbersering, ranting kayu dan sebagainya.

Finishing dari masing-masing kayu juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti plitur natural, cat kayu maupun unfinish. Semua sesuai selera masing-masing.

7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Sumber foto : José Miguel Hernández Hernández


Aplikasi material kayu balok ini dengan cara menyusun bongkahan batang kayu yang diberi jarak yang disesuaikan dengan besarannya. Anda bisa memanfaatkan kayu daur ulang agar mendapatkan kesan artistik pada teras rumah.

Tips dari CASA Indonesia: Untuk rumah berukuran kecil, pilihlah kayu berukuran kecil dan berjarak 20 centimeter agar cahaya matahari tetap dapat masuk.


7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Ehrlich Yanai Rhee Chaney


Kanopi dengan material kayu selanjutnya adalah lumbersering. Yaitu kayu pipih yang digunkanan sebagai pengisi langit-langit. Kesan yang timbulkan adalah mewah dan elegan karena pencahayaan dari lampu yang memberi kehangatan bagi penikmatnya.


delightfull.eu

Kanopi kayu selanjutnya adalah dengan jenis patern. Dimana kayu-kayu ini disusun vertikal dan horizontal sehingga memberikan efek visual yang apik.




Baca juga, 32 Inspirasi Pagar Rumah Minimalis untuk 2019


3. Kanopi tirai bergelombang

Kanopi yang satu ini adalah jenis kanopi berbahan kain. Pemakaiannya adalah dengan cara mengatur lebar sempitnya bentangan kain sesuai kebutuhan saat terik matahari. Jadi kain ini digunakan sebagai penutup atap kanopi untuk mengurangi panas matahari. Memang membutuhkan perawatan ekstra jika Anda memilih jenis ini. Perhatikan kebersihan kain, terlebih jika warnanya putih. Rajinlah mencuci agar tetap indah.

7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Sailrite

Tips dari CASA Indonesia: Untuk pemilihan kain yang baik adalah jenis kain yang waterproof dan hydrophobic. Yaitu kain yang memiliki kerapatan yang padat sehingga dapat menahan air hujan.

4. Kanopi material polikarbonat di sebelah rumah

Jenis kanopi ini sudah mulai banyak dijumpai di sekitaran rumah. Desain melengkung yang khas memberikan efek dinamis. Selain itu rangka besi yang tahan lama serta mudah dibersihkan menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

divesanddollar.com

Beberapa jenis material polikarbonat yaitu polikarbonat transparant dan solid. Material transparant bisa Anda pilih agar mendapat pencahayaan yang optimal, sedangkan material solid bisa sedikit mengurangi terik matahari yang berlebih.


5. Kanopi Baja Ringan

Jenis material yang satu ini adalah salah satu yang paling ekonomis. Desain dan warna yang minimalis sangat cocok untuk rumah dengan konsep modern. Selain itu kelebihan lainnya adalah mudah dibongkar pasang sesuai kebutuhan.



6. Kanopi kaca modern minimalis

Jenis kanopi yang terakhir adalah kanopi kaca. Kanopi kaca ini lebih dominan memberikan perlindungan saat hujan. Sedangkan untuk menahan panas terik matahari tetap mudah masuk menembus ruangan. Perbedaan dengan kanopi besi adalah dominasi penggunaan materialnya. Untuk jenis kanopi ini, kaca masih dominan ketimbang besi yang hanya sebagai rangka saja.

7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Ultralinx


7. Kanopi hijau dengan tanaman rambat

Kanopi dengan tambahan tanaman rambat cocok Anda pilih untuk hunian yang memiliki konsep hijau. Tanaman yang direkomendasikan adalah tanaman dengan sulur seperti markisa, alamanda dan lain sebagainya. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik perhatikan kesuburan tanah dan ketersediaan air. Yaitu dengan penyiraman air pagi dan sore hari serta pemberian pupuk secara berkala.


Pilihlah kembali jenis kanopi yang sesuai untuk rumah Anda. Sesuaikan dengan konsep hunian agar dapat menyatu. Perbanyak cari referensi dan konsultasikan kepada seorang arsitek akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.