Meskipun telah menuju pada pertengaan tahun, tren-tren interior pada tahun 2019 ini masih hadir untuk membantu Anda menemukan inspirasi yang dibutuhkan dalam mendekor huniah impian. Di tahun ini, furnitur streamlined atau minimalis masih menjadi favorit sebagai tren penataan interior untuk rumah ataupun apartemen.


Kelebihan furnitur jenis tersebut adalah masih mampu untuk memberi banyak ruang, bahkan jika Anda memiliki hunian dengan lahan yang tidak terlalu luas. Kali ini, CASA Indonesia mencoba untuk memberikan inspirasi menata kamar tidur berdasarkan tren interior tahun ini hanya untuk Anda.


1. Pilih ranjang yang sesuai dengan luas kamar tidur




Furnitur bergaya skandinavia identik dengan bentuk yang tidak terlalu bulky, namun tetap kokoh. Hal tersebut tentunya menambah kemudahan Anda dalam memilih ranjang yang pas untuk ruang tidur Anda. Desainnya yang cukup simpel juga dapat diaplikasikan pada berbagai konsep interior.


2. Bed cover warna putih hadirkan kesan effortlessly neat


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Sarah Crowley


Seringnya Anda menemukan kasur dengan bed cover atau duvet berwarna putih, bukanlah karena keterbatasan motif yang ada di pasaran. Malah, banyak pattern dan warna yang bisa Anda pilih di berbagai tempat. Namun, warna putih menjadi favorit karena dapat memberikan kesan rapi secara effortless. Selain itu, sifat warnanya yang netral, bisa mudah berpadu manis dengan gaya interior apapun.


3. Maksimalkan ruang dengan built-in furniture


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Jo Chrobak


Built-in furniture, seperti rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding serta ceiling menjadi salah satu siasat dalam memaksimalkan area kamar tidur. Tidak hanya itu, kamar juga akan terasa terlihat rapi tanpa penempatan barang atau lemari yang terkadang memakan banyak ruang. Saat ini, kehadiran furnitur tersebut cukup digemari oleh banyak orang.


4. Lengkapi kamar dengan aksesori interior yang hadirkan kesan personal


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Lindsey Swedick




Akan terasa sangat membosankan jika kamar tidur Anda tidak dilengkapi dengan kehadirkan aksesori interior yang tidak hanya fungsional, namun dapat menambah kesan unik di antara ruangan yang lain. Sebagai contoh, hadirkan desk lamp bergaya art deco pada meja di samping ranjang Anda. Lampu ini dapat membantu Anda menerangi kegiatan membaca Anda sebelum tidur, serta memberikan kesan unik dan mewah di antara konsep sederhana untuk kamar tidur Anda. 


Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


5. Kehadiran karya seni menambah kesan dramatis


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Jon O'Shaughnessy

Karya seni memang tidak semata-mata dibuat untuk menambah keindahan sebuah ruangan, terlebih lagi untuk kamar tidur. Namun, kehadirannya di area pribadi, dapat membantu menunjukkan bahwa sang pemilik hunian memang memiliki selera yang tinggi dan sangat peduli dengan tempat tinggalnya, meskipun tidak dibangun di atas lahan yang luas. Lukisan atau fotografi merupakan salah satu karya seni yang bisa Anda hadirkan pada kamar tidur. Tersedia dalam berbagai ukuran, tentu tidak akan membuat kebingungan akan memajangnya.


6. Sesuaikan pemilihan warna cat dinding dengan keprbadian


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Sarah Crowley


Mengganti warna tembok dari putih ke pilihan cat dengan palet earthy, merupakan salah satu tren yang hadir di tahun ini. Menurut beberapa ahli, kehadiran warna cokelat serta kuning dapat mampu menghadirkan kesan aman dan nyaman untuk meningkatkan mood dalam berelaksasi.


Baca juga: Sudah Dicoba! 10 Cara Menghias Kamar Menjadi Baru Lagi


7. Gunakan parket kayu untuk lantai kamar tidur


7 Tren Desain Kamar Tidur 2019 yang Patut Dicoba

Minette Hand


Sentuhan netral yang hadir dari penggunaan lantai parket kayu membuatnya dapat melebur manis dalam berbagai gaya interior kamar tidur yang Anda pilih. Selain itu, lantai jenis ini juga sangat mudah dibersihkan dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk meluangkan waktu merawatnya. Hias dengan karpet beludru agar menambah kesan dramatis pada ruangan pribadi Anda.


Jangan lupa untuk siapkan referensi dan budget untuk mendeokrasi kamar tidur Anda mengikuti tren desain di tahun 2019 ini.