Freezer pada lemari es sering dianggap hanya sebagai tempat untuk membekukan makanan atau minuman dan sering luput dari perawatan dan penataan yang baik. Sama dengan treatment yang didapatkan pada kulkas, penataan serta perawatan freezer juga sangat perlu diperhatikan, agar dapat membekukan berbagai jenis makanan dengan baik serta mempertahan umur dari lemari es Anda. Ikuti cara-caranya seperti berikut.


1. Isi freezer sesuai kapasitasnya




Cara Terbaik Menata Freezer di dalam Rumah

dok. Joe Lingeman


Agar dapat membekukan berbagai jenis makanan secara merata dan stabil, jangan isi freezer sampai penuh apalagi melebihi kapasitasnya. Hal tersebut membuat elemen pendingin di dalam lemari es harus menyesuaikan keadaan secara berat di dalam kondisi freezer yang sesak. Jangan juga membiarkan freezer Anda kosong, karena dampaknya akan membekukan material-material yang ada di dalam dan membuat lemari es cepat rusak.


2. Simpanlah kacang, biji-bijian, dan tepung di dalam freezer


Cara Terbaik Menata Freezer di dalam Rumah

dok. Amazon


Meskipun bahan-bahan makanan tersebut sering diidentifikasi sebagai bahan kering, ternyata sangat disarankan untuk menyimpan kacang, biji-bijian, dan tepung di dalam freezer. Hal tersebut dilakukan, karena bahan makanan tersebut secara alami mengeluarkan minyak jika terlalu lama dibiarkan di storage dengan room temperature yang menyebabkan gampang berjamur dan busuk.


3. Jangan taruh es krim di rak bagian depan freezer


Cara Terbaik Menata Freezer di dalam Rumah

dok. Joe Lingeman




Rak bagian depan freezer dengan pembatas sering menjadi tempat favorit untuk menaruh berbagai jenis makanan dalam kemasan. Namun, tahukah Anda jika bagian tersebut merupakan bagian terpanas di dalam freezer dan jika Anda meletakan es krim di situ, besar kemungkinan saat akan disantap nanti, kudapan tersebut akan meleleh dan memiliki rasa yang aneh.


4. Gunakan wadah sesuai kebutuhan freezer


Cara Terbaik Menata Freezer di dalam Rumah

dok. Maria Siriano


Agar lebih rapi, pastikan Anda memindahkan bahan makanan ke dalam wadah kedap udara sebelum mulai memasukannya ke dalam freezer. Hal tersebut diperlukan agar tidak ada kontaminasi silang antara udara beku dan bahan makanan, terutama yang mentah seperti daging serta buah, agar tidak merusak bentuk serta rasanya.


5. Berikan label pada setiap makanan


Cara Terbaik Menata Freezer di dalam Rumah

dok. Joe Lingeman


Meskipun freezer dapat memperlambat proses pembusukan makanan mentah, namun Anda perlu tetap memerhatikan kapan Anda mulai memasukannya ke dalam freezer. Agar mempermudah, berikan tanda untuk jenis makanan dan tanggal masuk di setiap wadah yang ada di freezer, sehingga Anda tahu kapan untuk menggunakan bahan makanan tersebut dan tidak membuang-buang makanan secara sia-sia.


Sumber: Apartment Therapy

Foto teaser: Joe Lingeman