Mengombinasikan elemen modern dan tradisional pada hunian merupakan salah satu tren arsitektur yang kini sedang banyak digunakan.







Di Jepang, Hitoshi Saruta dari Cubo Design Architect teah merampungkan rumah berjudul T3. Rumah tersebut didesain berdasarkan keinginan klien yakni hunian modern yang dapat bersanding dengan keindahan Japanese garden.




Berdasarkan keinginan tersebut, Saruta mengombinasikan keindahan simbolis dari lingkungan sekitarnya dengan gaya Jepang kontemporer, menyatukan metode, praktik, dan materi tradisional.


Baca juga: Desain Rumah Modern & Mewah dengan 2 Konsep Hunian Unik


Terletak di perumahan pinggir laut di kota Kamakura, T3 menekankan privasi; fasadnya yang memiliki bukaan lebar terletak agak jauh dari jalanan karena dibatasi oleh taman.






Saruta mengaplikasikan atap overhang yang mengelilingi massa bangunan. Desain tersebut banyak ditemukan di hunian Jepang bergaya sukiya yang berfungsi untuk melindungi hunian dari hujan dan sinar matahari langsung.




Masuk ke interior, hunian itu terdiri dari empat lantai, kamar tidur dan ruang keluarga bisa ditemukan di lantai pertama.




Hunian T3 juga menghadirkan rooftop yang bisa diakses dan kolam renang yang langsung menghadap ke Japanese zen garden yang beralaskan bebatuan.


Teaser: Fasad T3 didesain oleh Cubo Design Architect / Koichi Torimura
Sumber: Hypebeast