Pandemi virus corona kini menjadi wabah yang menakutkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan data terbaru, total pasien yang telah positif terinfeksi virus corona sudah mencapai angka 579 dengan 49 meninggal dan 30 pasien dinyatakan sembuh (24 Maret 2020).

Tentu kondisi ini membuat masyarakat menjadi khawatir. Meskipun kini pemerintah sudah mengimbau untuk melakukan physical distancing dan diam #dirumahaja demi untuk menghentikan penyebaran virus corona. Selain WFH (work from home) dan belajar dari rumah untuk menjalankan physical distancing, tentu kita butuh asupan dari makanan dan minuman yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman dari tanaman obat tradisional yang dikenal dengan empon empon.



Empon-empon merupakan minuman herbal yang bahan-bahannya diambil dari tanaman obat tradisional seperti jahe merah, kunyit, sereh, temulawak, dan juga kencur. Selain memiliki khasiat sebagai penambah imun dan daya tahan tubuh di tengah wabah virus corona, minuman ini ternyata dikonsumsi oleh Presiden Joko Widodo. Ini yang menjadi bahan-bahannya jadi buruan masyarakat.

Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum tentang penjelasan bahan-bahan dari minuman empon empon yang kini tengah viral dan menjadi buruan masyarakat dari berbagai sumber.


1. Temulawak


Temulawak

Temulawak


Kandungan curcumin yang ada di dalam tanaman obat ini dipercaya meningkatkan nafsu makan. Temulawak juga memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain menjadi bahan empon empon, Anda bisa mengonsumsi minuman sari temulawak dalam bentuk bubuk, atau merebusnya sendiri menjadi ramuan tradisional.


Baca Juga: 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!


2. Jahe


Jahe

Jahe


Jahe juga bisa dikonsumsi sebagai penangkal virus corona. Selain curcumin, kandungan senyawa beta-karoten dan capsaicin yang memiliki manfaat untuk membantu dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap berbagai virus dan juga penyakit yang mengganggu kesehatan.

Jahe sendiri masuk ke dalam tanaman obat tradisional yang dibuat menjadi sari-sari rempah sebagai ramuan herbal yang mampu menangkal virus corona. Konsumsi jahe bisa dalam bentuk instan atau meraciknya sendiri di rumah. Anda hanya cukup menambahkan the, susu, jeruk nipis, lemon atau cukup dengan madu.

3. Kunyit

Kunyit



Kunyit



Tanaman obat tradisional satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kandungan curcumin yang ada di dalamnya cukup tinggi, sama seperti jahe dan temulawak. Selain itu, kunyit memiliki sifat anti peradangan dan juga anti oksidan yang bermanfaat untuk menjaga daya imun dan kekebalan tubuh.

Selain untuk bahan minuman empon empon, kunyit sendiri juga digunakan sebagai dalam ramuan jamu tradisional.


Baca Juga: Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

4. Kencur


Kencur

Kencur


Tanaman obat ini berasal dari keluarga rimpang yang menjadi budidaya di Indonesia. Kencur sudah digunakan ribuan tahun sebagai bahan dasar obat dan juga ramuan jamu tradisonal yang juga baik untuk mencegah virus corona.

Ketika Anda mengonsumsi kencur, tubuh akan merasa hangat. Selain itu konsumsi kencur baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti pilek, mual, batuk, sakit kepala, migran hingga menghilangkan rasa pegal.


Baca Juga: Tanaman Hidroponik: Solusi Berkebun di Lahan Terbatas

5. Sereh


Sereh

Sereh


Sereh merupakan bagian dari anggota rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk membuat makanan menjadi lebih harum. Namun selain bumbu dapur, sereh memiliki manfaat untuk kesehatan karena banyak mengandung kandungan seperti vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi.

Sereh juga memiliki beragam jenis kandungan antioksidan yang ada di dalam sereh, yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin yang bisa menangkal radikal bebas. Bahkan kini sereh dipercaya bisa menangkal terinfeksi virus corona.

Itu dia 5 bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman empon empon. Mulai dari sekarang, ayo buat minuman empon empon untuk bantu meningkatkan daya tahan dan imun tubuh untuk mencegah virus corona.