Di tengah wabah virus corona yang terjadi di Indonesia, membuat kita akan melakukan cara apapun untuk bisa terhindari dan terinfeksi COVID-19 tersebut. Salah satu cara sederhana adalah melakukan social distancing, #dirumahaja dan juga menjaga kebersihan sehingga menciptakan rumah sehat dan bebas dari penyakit.

Tapi, bagaimana cara untuk hunian Anda masuk kategori rumah sehat? Berikut CASA Indonesia sajikan 6 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mewujudkan rumah sehat untuk keluarga di tengah merebaknya wabah virus corona saat ini.




Pastikan rumah bebas debu


Pastikan rumah bebas debu

Maid Brigade


Membersihkan rumah sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Mulai dari menyapu lantai, baik menggunakan sapu ataupun vacuum cleaner untuk membersihkan rumah dari debu-debu. Selain lantai, bersihkan juga furnitur hingga alat elektronik rumah tangga dari debu-debu yang menempel.


Baca Juga : Menata Ulang Apartemen Sembari Kerja #dirumahaja? Bisa!


Menggunakan cairan antiseptik ketika membersihkan rumah


Mengepel Lantai dengan Cairan Antiseptik

The Spruce


Tidak cukup hanya membersihkan debu dengan menyapu, namun akan lebih lebih maka mengepel dengan menggunakan cairan antiseptik juga harus dilakukan. Selain menghilangkan debu, kuman-kuman yang masih menempelpun akan hilang sehingga rumah menjadi lebih bersih.


Selalu cuci tangan setelah beraktivitas


Cuci Tangan

Cuci Tangan


Saat wabah virus corona kini semakin meluas penyebarannya, maka kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan salah satunya adalah rajin mencuci tangan. Meskipun berada di rumah untuk melakukan social distancing, tentu Anda akan melakukan aktivitas-aktivitas yang akan membuat tangan Anda kotor. Mulai dari WFH (bekerja dari rumah), memasak, main game, apalagi ketika Anda harus keluar ke pasar untuk belanja kebutuhan.

Siapkan sabun cuci tangan atau hand sanitizer di bagian depan, sehingga setiap ingin masuk ke dalam cuci tangan terlebih dahulu.





Baca Juga: Terlihat Mungil! Rumah Ini Ternyata Luas dan Hangat


Jaga Kelembapan Kain agar tetap Kering


Jaga Kelembapan Kain agar tetap Kering

BT.com


Ketika musim panas, ini akan menyebabkan tingkat kelembaban menjadi tinggi meskipun sudah ada ventilasi udara. Jika dibiarkan akan timbul jamur, kutu, kecoa, kuman, hingga virus yang ini akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Gangguan kesehatan yang biasa terjadi mulai dari hidung tersumbat, iritasi mata, alergi, dan masalah kesehatan lainnya.

Khususnya beberapa alat rumah tangga, seperti kain akan mudah bau dan berjamur. Maka pastikan untuk Anda menjaga kelembapan kain-kain tetap kering.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga untuk yang Bersantai di Rumah


Jangan Menumpuk Sampah


Jangan Menumpuk Sampah

Earth 911


Bakteri, kuman dan berbagai hal buruk yang nantinya akan membuat rumah tidak sehat dan bersih sebagian besar berasal dari sampah. Jika Anda ingin rumah menjadi sehat dan bersih, maka jangan biarkan sampah rumah tangga menumpuk di dalam rumah.

Kosongkan semua tempat sampah yang ada di rumah secara rutin, minimal satu sampai dua kali dalam sehari. Jika memang petugas sampah hanya datang dua kali dalam seminggu, maka paling tidak buang seluruh sampah ke tempat sampah di luar rumah sehingga rumah tetap bersih dan jauh dari sumber penyakit.


Buat Taman di Rumah


Taman di Rumah

idea bos decoration


Menjadi rumah sehat, maka cara lainnya adalah membuat taman indoor dengan tanaman secukupnya. Adanya taman ini akan membantu mengendalikan sirkulasi udara, temperature, dan juga kelembapab udara. Tidak hanya itu, taman bisa membantu memberikan efek relaksasi dan penghilang stress yang baik untuk kesehatan mental dan psikologis.

Namun, jika luas rumah Anda terbatas, solusinya bisa menyediakan beberapa tanaman dalam pot plastik atau menggunakan tanaman gantung atau biasa disebut taman vertikal bisa jadi alternatif.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat rumah menjadi sehat dan terbebas dari berbagai penyakit termasuk virus corona yang kini menjadi wabah yang menimbulkan banyak korban jiwa.


Foto teaser: dwell.com