Kurang lebih selama 2 minggu belakangan ini, para kaum pekerja kantoran telah menjalani work from home guna menindaki pandemik Covid-19 yang kian marak terjadi. Melihat perkembangan kondisi aktual yang terjadi, dengan berat hati masa work from home ini masih harus dilanjutkan demi keselamatan warga ibukota dan beragam daerah lainnya di Indonesia. 


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Buat area khusus kerja di rumah / Unsplash



Buat area khusus kerja di rumah / Unsplash




Baca juga, Work From Home? Ini Waktunya Menikmati Hunian Anda!


Bagaimana keadaan Anda dalam menghadapi hal ini?

Rasa bosan yang mulai muncul tidak dapat dihindari dikarenakan hanya bisa berada di rumah. Namun ingat selalu, keberadaan Anda dan keluarga untuk #dirumahaja merupakan bantuan terbesar di masa seperti ini.


CASA Indonesia kali ini ingin berbagi tips untuk terus semangat dalam bekerja di rumah.


Pisahkan area untuk istirahat dan bekerja

Keinginan untuk bekerja sambil rebahan di atas tempat tidur pasti cukup besar. Namun, jika Anda mulai menggabungkan area untuk tidur dan area bekerja, ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan tubuh Anda. Dengan menciptakan area yang berbeda untuk kedua kegiatan ini, Anda seolah memberikan sinyal kepada tubuh bahwa kamu tetap bisa beristirahat total walaupun harus menjalani kerja di dalam rumah.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Loft design / Icosa Design

Loft design / Icosa Design


Nikmati sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari pada sekitar pukul 10.00 WIB pagi disinyalir memberikan efek positif bagi imun tubuh Anda. Maka dari itu, sempatkan lah waktu untuk menikmati cahaya matahari ini di tengah atau sebelum Anda mulai bekerja. Akan lebih baik, jika area bekerja Anda memiliki akses akan sinar matahari karena membantu untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja.




Taruh tanaman untuk menyehatkan area kerja

Vitamin G alias Green adalah asupan penting saat terus berada di rumah. Contohnya saja tanaman lidah mertua yang mampu menyaring udara sehingga interior rumah terasa lebih segar. Selain itu, ia dapat menyerap gelombang radiasi terutama jika Anda harus terus berada dekat dengan barang elektronik.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Pot tanaman lidah mertua di atas meja kerja / The Charley Girl

Pot tanaman lidah mertua di atas meja kerja / The Charley Girl


Baca juga, Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua dan Cara Merawatnya


Buat kursi kerja senyaman mungkin

Investasi untuk memiliki kursi kerja yang tepat memang akan lebih baik dilakukan jika Anda ingin lanjut bekerja di rumah saja. Namun, jika tidak memilikinya, Anda bisa gunakan beberapa hal sebagai solusi penggantinya. Salah satunya adalah menambahkan bantalan di dudukan kursi agar meningkatkan kenyamanan duduk. Selain itu, bagi yang memilih untuk duduk lesehan saat bekerja, Anda bisa menggunakan kursi lipat lesehan yang memiliki dudukan serta sandaran agar tidak mudah merasa letih saat bekerja.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Bantal tambahan untuk di kursi / Wayfair

Bantal tambahan untuk di kursi / Wayfair


Musik dan suara latar belakang

Salah satu support terbesar yang mampu bantu mengningkatkan produktivitas adalah musik. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, Anda dapat menyediakan speaker ataupun sumber musik lainnya agar mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Jadi, genre musik seperti apakah yang bisa membuat Anda terus produktif?


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Musik sebagai booster produktivitas bekerja / Improb

Musik sebagai booster produktivitas bekerja / Improb




Break time!

Walaupun berada di rumah, usahakan untuk mengimplementasi jadwal bekerja yang Anda lakukan di kantor. Hal ini berarti jangan lupa untuk menyediakan waktu istirahat yang dapat Anda gunakan untuk meregangkan badan serta makan. Menyisihkan 1 hingga 1,5 jam waktu Anda akan lebih baik ketimbang memaksakan diri Anda bekerja.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Selingi stretching di tengah bekerja / Hayes Therapeutic Massage and Bodywork

Selingi stretching di tengah bekerja / Hayes Therapeutic Massage and Bodywork 


Perhatikan jarak antara mata dengan layar komputer

Penting sekali untuk menjaga jarak sekitar 50 hingga 100 sentimeter di antara mata Anda dengan layar komputer/laptop. Mata yang sehat adalah investasi terbesar bagi Anda untuk bekerja, bukan?


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Pentingnya menjaga jarak dengan layar komputer / Spacemob

Pentingnya menjaga jarak dengan layar komputer / Spacemob


Baca juga, Menata Ulang Apartemen Sembari Kerja #dirumahaja? Bisa!


Beri sentuhan warna di area bekerja

Lupakan warna monoton, sulap area bekerja Anda hingga terasa personal bagi diri sendiri. Beri sentuhan warna cerah untuk bantu menyegarkan pemandangan saat kerja. Beberapa trik di antaranya adalah menggunakan mousepad dengan warna biru, lalu menyediakan post-it dengan warna ceria, seperti merah muda dan orange. Make it yours!


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Manfaatkan post-it saat bekerja / The Everygirl

Manfaatkan post-it saat bekerja / The Everygirl


Penghawaan ruang senyaman mungkin

Merasa gerah atau kedinginan saat bekerja dapat meningkatkan rasa tidak nyaman sehingga menurunkan keinginan untuk bekerja. Mengakali hal ini, bagi pengguna pendingin ruangan manfaatkan fitur timer guna mengatur konsumsi penggunaan di dalam ruangan. Dapat pula dengan sesekali membuka beberapa jendela untuk mengundang angin segar dari luar rumah.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Penghawaan senyaman mungkin saat kerja / A Quiet Storm

Penghawaan senyaman mungkin saat kerja / A Quiet Storm


Baca juga, Sangat Penting! Perhatikan 5 Hal ini Selama #dirumahaja


Gunakan lampu kerja

Mata lelah, sakit kepala, hingga stress dapat tercipta jika Anda tidak menggunakan pencahayaan yang sesuai sewaktu bekerja. Standarnya area bekerja musti menggunakan 125 hingga 250 lux. Hal ini semakin penting terutama bagi yang memiliki jam produktif menjelang malam hari dan tidak memiliki akses sinar cahaya alami dari matahari.


Masih Work From Home? Ayo Refresh Area Bekerja Anda! / Gunakan lampu kerja untuk menjaga kesehatan mata / Looney Lumens

Gunakan lampu kerja untuk menjaga kesehatan mata / Looney Lumens


Masih banyak beragam tips yang dapat membantu Anda terus semangat bekerja di rumah. Contohnya adalah berpakaian rapi dan membuat daftar pekerjaan yang harus dicapai tiap harinya. Aplikasikan lah tips-tips tersebut sesuai dengan gaya kerja serta kebutuhan Anda masing-masing.


Happy Working!

#MRApatdirumah #SelamatDiRumah


Foto teaser: Ilustrasi work from home / Bankrate