Melalui perkembangan gaya hidup minimalis, desain konsep hunian pun seiring waktu ikut berkembang untuk seimbang dengan para penghuninya. Setiap ruangan dirancang untuk dapat berfungsi semaksimal mungkin. Dapur pun tidak luput dari aplikasi konsep gubahan tersebut. 


Pilihan desain dapur compact dengan ukuran 3x3 meter mulai menjadi pilihan untuk dihadirkan ke dalam rumah minimalis modern. Dengan ukuran minim, tentunya hal tersebut masih banyak sisa ruangan untuk diperluas, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Berikut adalah lima rekomendasi desain dapur minimalis berukuran 3x3 meter.


1. Desain dapur dengan warna putih


5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda

dok. Martina Gemmola


Kehadiran warna putih pada ruangan, terutama dapur minimalis berukuran 3x3 meter tidak hanya membuatnya menjadi lebih terang. Cat warna putih pun dapat membuat desain dapur terkesan lebih luas serta bersih.


Baca juga: Ini 13 Cara Mendekor Dinding Menjadi Menarik dan Seru


2. Beri sentuhan natural pada dapur


5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda

dok. Lauren Miller


Sedikit sentuhan bernuansa alam akan sangat membuat perbedaan yang signifikan untuk dapur Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa kombinasikan elemen kayu serta marmer pada desain dapur minimalis yang dimiliki agar menghadirkan kesan natural yang maksimal.


3. Pastikan Dapur dekat dengan jendela


5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda



dok. Joss & Main


Dengan ukuran compact 3x3 meter, tentu dapur memerlukan sirkulasi udara yang baik. Untuk mengurangi risiko bau tak sedap yang mengendap di dapur Anda, pastikan untuk memasang jendela yang dekat dengan area memasak di dapur minimalis Anda.


Baca juga: 8 Aksesori Unik Untuk Trend Desain 2020


4. Hadirkan sirkulasi gerak yang baik pada dapur


5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda

dok. Emil Dervish


Sirkulasi gerak yang baik merupakan aspek penting dalam merancang dapur minimalis idaman Anda. Menggabungkan ruang makan dengan dapur serta mengganti meja makan persegi dengan bentuk bundar akan mempermudah ruang gerak di dapur. Untuk konfigurasi empat orang, pastikan meja makan bundar Anda memiliki diameter sekitar 93 sentimeter.


Baca juga: Ada Produk Lampu Berbentuk Seperti Telur Sunny Side Up?


5. Kitchen island sebagai pengganti meja makan


5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda

dok. Sarah Sherman Samuel


Menggabungkan dapur dan ruang makan menjadi satu kesatuan merupakan solusi terbaik untuk diaplikasikan pada desain dapur berukuran 3x3 meter. Guna memiliki flow gerak yang lebih luwes, gunakan kitchen island sebagai pengganti meja makan, sehingga Anda dapat menyajikan dan menyantap makanan di satu ruangan saja.


Foto teaser: dok. Amy Williams