Apakah Anda masih work from home? Atau mungkin masa work from home bagi kantor Anda diperpanjang? Dengan jumlah kasus positif yang tercatat bertambah setiap harinya di Indonesia, banyak perusahaan telah menganjurkan pekerjanya untuk Work From Home.






Money Crashers


Dalam upaya untuk meratakan kurva penyebaran Virus Corona, dan mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja dan bekerja dari rumah, tentu Work From Home bukan lagi sebuah pilihan tetapi keharusan bagi seluruh masyarakat yang dapat bekerja dari rumah.



Forbes


Tentunya, ini menjadi sebuah perubahan yang drastis untuk diikuti banyak perusahaan dan pekerja. Bagi banyak orang yang harus bekerja dari rumah tentu harus menyesuaikan diri pada cara bekerja dan hidup yang baru.


Walaupun keadaan lagi mengkhawatirkan, pekerjaan masih harus tetap berjalan seperti layaknya berada di kantor. Berikut tips CASA Indonesia agar Anda memiliki sebuah rutinitas dan tetap produktif selama work from home.


1. Kebersihan tubuh dan berpakaian sangat penting


Walaupun bekerja dari kenyamanan rumah, Anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh dan berpakaian. Pentingnya kebersihan mulut setiap pagi sebelum memulai bekerja memberikan banyak manfaat contohnya pada kenyamanan berkomunikasi meskipun hanya melalui video atau audio call. Secara kesuluruhan menjaga kebersihan tubuh dapat bermanfaat terhadap produktivitas bekerja dan menghindari Anda dari penyakit.


TODAY


Tidak harus berpakaian seperti ke kantor atau secara formal, hanya saja pastikan Anda berganti dari pakaian tidur yang Anda pakai, dan pakai sesuatu yang nyaman untuk di rumah tetapi tetap rapi.


2. Mengatur jam kerja


Pinterest


Selama bekerja dari rumah, mengatur jam kerja dan kapan beristirahat sangat penting agar Anda tidak bermalas untuk memulai bekerja atau lupa waktu dan bekerja terlalu lama. Mengetahui kapan memulai dan selesai bekerja memberikan jangka waktu untuk mengatur to do list dan schedule pekerjaan pada hari itu. Dengan mengatur waktu, Anda akan menjadi lebih organized terhadap pekerjaan dan Anda tidak akan lupa dengan waktu beristirahat dan makan siang.



Vox


Ya, mengonsumsi makanan sangat penting dan tidak bisa dilupakan. Selain menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan, menghabiskan waktu untuk memasak atau sekedar mengambil makanan memberikan Anda waktu untuk berdiri dan menjauh dari area Anda bekerja sejenak. Yang tentu membantu me-reset dan mengistirahatkan badan Anda dalam melakukan sesuatu yang berbeda dari pekerjaan.




3. Jadikan satu area dirumah sebagai dedicated work space



Scent of Obsession


Mungkin Anda tidak memiliki meja bekerja atau area tertentu di rumah yang kosong untuk dijadikan area bekerja karena hal tersebut hanya dilakukan di kantor, sama dengan sebagian banyak orang. Tetapi memiliki tempat tertentu untuk bekerja dapat bermanfaat bagi workflow Anda.



House Beautiful


Untuk memulai, coba untuk tidak bekerja di tempat tidur, kenyamanan adalah satu hal tetapi harus diketahui bagaimana memisahkan area untuk beristirahat (tidur) dan area bekerja. Bekerja dari tempat tidur, tempat dimana badan Anda sudah terbiasa untuk relax dan istirahat, dapat mempengaruhi produktifitas Anda dalam bekerja.


4. Berusaha untuk aktif dalam berkomunikasi dengan kolega dan atasan



BBC 


Selama work from home, banyak pekerja telah menerapkan weekly bahkan daily meetings melalui video conference. Hal ini secara perlahan telah menjadi cara bekerja dan berkolaborasi banyak orang selama Work from Home. Akan tetapi, sangat baik jika Anda mengambil selangkah lebih lagi untuk tetap berkomunikasi dengan kolega dan atasan.



Cleveland Clinic


Baik melalui group atau personal chat, hal ini dapat menjalin komunikasi yang baik dalam bekerja agar pekerjaan tidak terhambat. Selain itu, dengan menjalin komunikasi yang baik hal ini menambah sosialisasi yang Anda lakukan agar tetap termotivasi dalam situasi yang melanda dan selama social distancing.


5. Miliki aktivitas diluar bekerja selama di rumah


Huffington Post


#Dirumahaja tidak seharusnya disibukkan dengan pekerjaan saja. Walaupun, Anda tetap memiliki weekend untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya di rumah, weekday Anda harus tetap dilengkapi oleh aktivitas diluar bekerja.


The Spruce


Dengan banyaknya waktu tambahan yang ada dalam rutinitas Anda, termasuk waktu yang biasanya digunakan untuk pulang-pergi kerja, gunakan waktu ini untuk beraktivitas seperti berolahraga, merapikan rumah, menelfon keluarga, dan lainnya. Mungkin saja, saat masa work from home berakhir Anda akan menjadi rutin berolahraga atau bahkan memiliki hobi baru.


Sumber teaser: Forbes
Teks oleh: Annika Fathma