Tipe apartemen studio, apartemen dengan satu atau dua kamar mungkin sudah sering kita dengar. Ketiga tipe apartemen tersebut merupakan jenis apartemen yang paling banyak ditawarkan developer propertI di Indonesia, mulai dari pameran hingga situs-situs properti.

Ketika membeli apartemen, selain faktor lain seperti harga, lokasi, hingga fasilitas yang ditawarkan menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Banyaknya jenis dan tipe apartemen menjadi pilihan yang membingungkan ketika menentukan tipe apartemen yang tepat. Untuk membantu Anda menemukan tipe dan jenis apartemen yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini CASA Indonesia memberikan informasi tentang tipe dan jenis apartemen.



Let's start!

Studio


Studio Apartment

decoholic.org


Apartemen studio bisa dibilang merupakan tipe apartemen yang paling laris di Indonesia. Desain minimalis cocok untuk Anda yang menginginkan hidup praktis. Selain desainnya, harga apartemen ini juga masih terjangkau sehingga cocok untuk yang masih single dan pasangan muda yang baru menikah. Apartemen yang memiliki luas tidak lebih dari 30 m2 ini memiliki satu ruang multifungsi, di mana ini menggabungkan ruang tamu/keluarga, dapur, ruang tamu, dan kamar tidur dengan kamar mandi di dalamnya.    


Baca Juga: Menata Ulang Apartemen Sembari Kerja #dirumahaja? Bisa!


Alcove


Alcove Apartement

Alcove Apartement - Escondido, CA / Apartments.com


Tipe apartemen ini termasuk dalam apartemen studio, bahkan luasnya pun hampir sama. Namun perbedaannya berada di bentuk, dimana apartemen alvoe ini memiliki bentuk L yang dilengkap ruangan kecil atau half room yang biasa digunakan sebagai kamar tidur.


Convertible


Convertible Apartement

The Shoreham Chicago / rentcafe.com


Apartemen convertible memiliki ukuran dan luas lebih besar jika dibandingkan dengan apartemen studio. Karena lebih luas, Anda bisa memasang partisi-partisi sebagai pemisah untuk kamar tidur sehingga menjadi area yang lebih privat. Jika Anda ingin menempatakan TV, bisa ditempatkan menjorok masuk ke dalam dinding, sehingga bisa dibolak-balik ke dua arah. Cara ini bisa membantu dalam menghemat tempat. 


Baca Juga: Nyaman! Desain Apartemen 2 BR Berkonsep Scandinavian


Junior 1 Bedroom


Junior 1 Bedroom Apartment

1 Bedroom Apartment Junior / newhome.ch


Di atas apartemen convertible, ada tipe apartemen junior dengan satu kamar tidur. Memiliki satu kamar tidur yang terpisah dengan ruangan lainnya, sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga minimal satu orang anak.



2 Bedroom


2 Bedroom Apartement

Mediterraneo Garden Apartments / mediterraneogardenapartments.com


Apartemen dengan 2 bedroom ini menjadi salah satu tipe apartemen terbesar yang banyak ditawarkan oleh pengembang properti di Indonesia. Target dari tipe apartemen ini adalah keluarga yang memiliki satu atau dua orang anak. Layaknya rumah di perumahan, apartemen ini memiliki dua kamar tidur dengan ukuran yang besar. Selain kamar, ada pula ruang dapur, dan ruang tengah untuk tempat berkumpulnya keluarga.



Baca Juga: 6 Tip & Trik Menata Interior Apartemen Kecil


Duplex


Duplex Apartement

Superior Duplex Apartment / ParkSedó.com


Apartemen ini merupakan hunian berbentuk vertikal, dan biasanya memiliki dua atau 3 tingkat. Biasanya tipe ini menggabungkan dua unit apartemen dalam satu bangunan gedung. Ciri dari tipe ini adalah memiliki pintu masuk sendiri akan memiliki ruang tamu. Adanya lantai dua dan tiga ini banyak digunakan sebagai kamar tidur. Selain itu, ada beberapa tipe ini memiliki kamar mandi disetiap lantainya.  


Triplex



Triplex Apartment

Triplex Apartment in Prague / ArchDaily.com


Triplex adalah bangunan tunggal dengan tiga unit apartemen. Layaknya seperti tipe dupleks, unit apartemen ini akan memiliki pintu masuk sendiri dengan ukuran yang sama, dan memiliki banyak ruang tamu.



Baca Juga: Inspirasi Interior Apartemen Bergaya Modern


Micro


Micro Apartement

Barcelona Marina Micro Apartment / Improb




Apartemen mikro ini tipe apartemen satu kamar dengan luas kurang lebih 32 m2. Selain memilik satu kamar, apartemen ini juga memiliki ruang untuk area keluarga atau tamu, kamar mandi, dan dapur kecil. Apartemen ini banyak ditemukan di daerah padat penduduk, sehingga cocok di Indonesia yang terkenal dengan jumlah penduduk terbanyak nomor empat di dunia.



Loft


Loft Apartement

Sona LOFT Apartment, District 1 / Traveloka.com


Apartemen tipe ini pada umumnya hanya memiliki satu kamar dengan ukuran yang besar dan terbuka. Plafon dan jendela untuk tipe ini terbilang sangat tinggi. Karakteristik apartemen ini adanya penggunaan bata ekspos, dan balok sebagai penyangga. Tipe ini banyak ditemukan di bangunan-bangunan komersial yang telah direnovasi.


Baca Juga: Miliki Apartemen Berkesan Luas dengan 5 Cara Ini!


Classic Six


Classic Six Apartment

Lennox Hills / emilycbutler.com


Anda pernah mendengar iklan tipe apartemen ini? Apartemen dengan tipe classic six merupakan unit apartemen yang barada di gedung tua, akan tetapi masih memiliki bangunan yang kuat dan kokoh. Apartemen yang memiliki tiga kamar tidur ini memiliki ruangan yang luas baik untuk kamat dan juga ruangan dapur. Kemungkinan besar di Indonesia, tidak akan ada developer properti yang menawarkan tipe apartemen ini.


Garden Apartment



Garden Apartment

Central Garden Apartment / tiket.com


Tipe apartemen berada di lantai dasar atau bawah tanah dengan akses langsung ke ruang luar pribadi dan langsung menghadap taman. Jika Anda memilih tipe ini, maka dianjurkan untuk memeriksa jenis-jenis apartemen ini secara pribadi karena sering terjadi masalah keamanan atau hama. Anda tertarik memiliki apartemen ini?


High Rise


High Rise Apartement

Houston House / HomeAway.lk


Apartemen dengan tipe ini kini menjadi trend properti di Indonesia. Bahkan tipe apartmen ini menjadi salah satu investasi properti yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Layaknya perumahan cluster, apartemen ini hanya memiliki jumlah unit terbatas.


Baca Juga: Coba Sendiri! Ini Tips Mendekorasi Interior Secara DIY


Mid Rise


Mid Rise Apartement

Alexan Riverdale / GlobeSt.com


Apartemen tipe ini biasanya terletak di gedung apartemen berlantai lima hingga 11. Tipe apartemen ini biasanya ditemukan di lingkungan perkotaan dengan hanya memiliki akses satu lift.


Low Rise


Low Rise Apartement

caandesign.com


Apartemen low rise adalah apartemen yang ada di sebuah gedung dengan satu hingga empat lantai. Biasanya tipe apartemen ini tidak memiliki akses ke lift, sehingga aksesnya hanya menggunakan tangga.


Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Ruang untuk Apartemen 2 Kamar


Walk Up Apartment


Walk Up Apartement

apartementguide.com


Peminat tipe apartemen ini biasanya lebih kecil baik untuk membeli ataupun penyewa. Apartemen yang terletak di gedung yang hanya dapat diakses dengan tangga. Harga apartemen dengan tipe walk-up bisa lebih terjangkau, namun kurang diminati karena tidak ada lift sama dengan apartemen low rise.

Itulah beberapa tipe dan jenis apartemen yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu dalam menentukan mana tipe yang paling cocok sesuai kebutuhan dan kantong Anda.


Foto teaser: apartementguide.com