SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk beberapa waktu lalu mengungkapkan rencana mereka untuk mendesain pesawat ulang-alik yang membuat perjalanan ke luar angkasa lebih mudah dari sebelumnya.


Meski keinginan tersebut banyak dianggap tidak serius, buku petunjuk Starship User Guide yang baru saja dikeluarkan SpaceX kini menjadi bukti jika keinginan mereka tidak main-main.






Purwarupa Starship sendiri sedang dikembangkan di Boca Chica, Texas, AS. Merujuk situs resmi SpaceX, Starship akan menjadi pesawat yang bisa terus digunakan untuk keperluan transportasi ke Bulan dan Mars.


Baca juga: Uniknya Aurora Station, Hotel Pertama di Luar Angkasa


Pesawat yang terdiri dari dua bagian; roket pendorong dan badan pesawat ini didesain untuk memenuhi keinginan pembeli seperti mengirim satelit, jasa angkut barang, hingga manusia.


Tidak setebal buku petunjuk pada umumnya, SpaceX menjabarkan dengan singkat dan jelas kapasitas angkut pesawat yang tersedia di anjungan, dan pada sisi-sisi samping pesawat.






Namun yang paling mengejutkan adalah pesawat ini juga memiliki kapasitas untuk mengangkut penumpang biasa.


Baca juga: Berbeda! Hotel Kapsul Ini Melayang di Luar Angkasa


Konfigurasi ruang pesawat Starship terdiri dari kabin privat, ruang umum yang cukup luas, tempat penyimpanan, solar storm shelter, dan jendela untuk melihat ke luar.


Purwarupa pesawat Starship akan menjalani uji coba high-altitude flight testing akhir tahun ini.





Sumber: Robb Report
Foto & Teaser: SpaceX