Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengumumkan dukungan fasilitas sarana akomodasi (hotel) bagi Gugus Tugas dan tenaga medis pejuang COVID-19. Dengan anjuran pemerintah untuk physical distancing dan work from home bagi masyarakat, tentu hal ini berbeda bagi para tenaga kesehatan yang menjadi garis terdepan dalam penanganan wabah COVID-19.






Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Dalam hal ini, Kemenparekraf menjalin kerja sama dengan group perhotelan untuk memfasilitasi tempat peristirahatan bagi tenaga medis dan Gugus Tugas guna mempermudah para pekerja medis agar lebih dekat dengan rumah sakit tempat mereka bekerja.


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Walaupun masih dalam tahap awal yang baru mencakup para tenaga medis di rumah sakit rujukan di Jakarta, upaya ini dipastikan akan berbuah baik tidak hanya bagi garda terdepan penanganan wabah COVID-19 tetapi juga untuk industri perhotelan di Indonesia yang tentu terpengaruh oleh pandemi ini.


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Bagaimanakah tampak hotel yang memfasilitasi para tenaga kesehatan kami? Berikut ini, merupakan tampak fasilitias hotel yang digunakan sebagai akomodasi untuk para Gugus Tugas dan tenaga medis yang tengah berjuang melawan COVID-19 .


Novotel Cikini


Deluxe Room with 2 Single Beds / Accor Group


Hotel Novotel Cikini menjadi salah satu hotel yang memfasilitasi tenaga medis yang bekerja di rumah sakit rujukan pemerintah untuk menangani COVID-19, RSCM. Novotel Cikini telah menyiapkan 10 kamar single dan 175 kamar twin untuk para tenaga medis, kamar dari Novotel Cikini yang disediakan memiliki city side view dan design yang bersih dan comfy identik dengan interior Novotel Cikini.


Accor Group


Swiss-Belhotel Pondok Indah



Deluxe Room / Swiss-Belhotel Pondok Indah


Swiss-Belhotel Pondok Indah juga turut mendukung atas kebijakan menparekraf dan menyiapkan 80 kamar untuk para tenaga medis yang bekerja di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Swiss-Belhotel sejak awal dikenal akan kuliner yang biasa disantapkan untuk para pengunjungnya.





Accor Group


Senior Chef Swiss-Belhotel Pondok Indah turut mementingkan makanan yang akan ia santapkan kepada para tenaga medis yang akan menginap dengan menyiapkan makanan yang berbeda dan sehat agar dapat memberikan imunitas yang baik.


Ibis Styles Sunter


Standard Room with Queen-Size Bed / Accor Group


Menyediakan 50 kamar single dan 91 kamar twin, Ibis Styles Sunter akan mengakomodasikan para tenaga medis dari RSPI Sulianto Saroso. Ibis Styles merupakan design hotel dari budget hotel Ibis yang juga termasuk dalam Accor Group.



Accor Group


Seperti hotel lainnya yang akan mengakomodasi para tenaga kesehatan, semua hotel akan mengikuti prosedur operasional standar yang berkaitan dengan pelayanan tamu sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan terkait penanganan COVID-19 seperti penyemprotan disinfektan, pengaturan physical distancing termasuk pada penggunaan lift, dan meminimalkan interaksi pelayanan.



Accor Group

Mercure Cikini



Superior Room with 2 Single Beds / Accor Group


Hotel bintang 4 ini menjadi salah satu hotel lainnya yang akan mengakomodasi tenaga medis. Berlokasi di Cikini, Menteng, Mercure Cikini akan menampung tenaga medis yang bekerja di RS Persahabatan. Sebagai hotel berbintang 4, Mercure dikenal akan high quality service-nya.





























Accor Group


Tentu dengan adanya SOP khusus yang harus diterapkan, setiap hotel tidak hanya menyediakan tempat penginapan yang nyaman, tapi juga laundry dan katering makanan. Hal ini tentu akan mendukung kinerja tenaga kesehatan sehingga mereka dapat melayani para pasien secara maksimal.


Sumber teaser: Unsplash
Teks oleh: Annika Fathma