Sebagai respon terhadap keterbatasan masker bagi yang membutuhkan, banyak pelaku industri kreatif dan brand-brand lokal mendesain masker kain sebagai alternatif dari masker sekali pakai atau masker bedah.






By Binzu

Berikut ini, CASA Indonesia telah mengumpulkan beberapa brand lokal ternama yang menjual masker kain ataupun memberikan masker kain secara gratis jika Anda berbelanja pada toko mereka. Simak!

ATS The Label

Semenjak COVID-19 mewabah, brand fashion ATS The Label berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan keamanan masyarakat sekitar. Masker kain buatan label ini tidak hanya modis tetapi ramah lingkungan karena terbuat dari kain yang telah didaur ulang dari sisa kain pakaian pada koleksi-koleksi mereka.



Masker kain ini tidak hanya dijual tapi juga bisa didapatkan secara gratis pada setiap pembelian produk pada store mereka.

Cottonink

Cottonink menjadi salah satu brand lokal yang meluncurkan produk masker kain dan dengan cepat terjual habis. Dengan demand yang sangat tinggi pada masker kain yang terbuat dari fabric koleksi Cottonink ini, Cottonink telah memberlakukan pre-order dan tanggal tertentu kapan stok masker akan ready.



Cottonink

Masker kain dari Cottonink dapat dibeli dalam satu paket yang berisi 4 masker dengan motif yang berbeda-beda yang dipilihkan secara random. Terbuat dari 100 persen katun, masker kain brand lokal ternama ini dibuat hijab-friendly.


Cottonink

Monstore

Monstore berupaya untuk menyikapi minimnya stok masker bedah bagi para tenaga kesehatan yang lebih membutuhkan dengan membuat masker kain untuk pelanggannya.


Monstrore

Masker kain dari Monstore juga terbuat dari bahan katun dan dapat dipakai berulang kali. Masker mereka didesain seperti gaya koleksi-koleksi mereka sebelumnya yang cenderung monokrom, dengan pilihan warna hitam, krem, dan abu muda.



Monstore

Monstore menjual masker kain mereka dengan harga Rp. 110.000 per paket dan Rp. 25.000 per piece.

Callie Cotton

Semenjak ketersediaan masker menipis di Indonesia, Callie Cotton berinisiatif untuk mengolah stok kain mereka untuk dijadikan masker kain dan didistribusikan untuk semua pekerja dan pelanggan mereka secara gratis.




Callie Cotton

Sekarang mereka telah menjual masker kain mereka untuk publik dengan harga Rp. 30.000 per 3 masker.

Okainku

Okainku merupakan salah satu brand lokal lainnya yang membuat masker kain. Bisa dibeli melalui online store mereka dan Tokopedia, semua masker dibuat secara terbatas dan dari motif beragam dari stok kain mereka. 



Okainku


Dengan melakukan pembelian di store Okainku, Anda sekaligus berdonasi melalui Tangan untuk Indonesia dimana donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada Sekolah Relawan.



Okainku

By Binzu

Brand lokal By Binzu dikenal dengan koleksinya yang terbuat dari kain yang di warnai secara alami. Koleksi By Binzu yang identik dengan ke-biruan dan tie dye, sekarang menghadirkan 2 pilihan design masker, Binzu Shibori Masker dan Binzu Indigo Masker dengan warna tie dye yang cantik.


By Binzu


Anda dapat mendapatkan masker kain dari By Binzu melalui online store-nya, jangan sampai kehabisan karena mereka akan me-restock pada tanggal tertentu yang dapat Anda pantau pada akun media sosial mereka.



By Binzu


Argyle & Oxford

Bersama dengan brand lokal Rere, Outlined dan Goods for Good, yang merupakan sebuah non-profit untuk #BersamaMelawanCorona, Argyle & Oxford merancang kain masker untuk yang sehat agar masker bedah dapat diutamakan bagi yang lebih membutuhkan.



Argyle & Oxford

Masker kain dari brand lokal ternama ini dibuat dengan lapisan filter dan dapat dibeli dengan bundle set hand gel sanitizer dari Nattu Skincare.


Sumber teaser: ATS The Label
Teks oleh: Annika Fathma