SAKO Architects, biro asal Jepang ini baru membangun sebuah TK di daerah Tianshui, Tiongkok. Menggunakan 483 lembar kaca polikromatik, studio ini berhasil menciptakan efek kaleidoskopik di bangunan sekolah. Mereka menerapkan elemen warna-warni ini di atas pintu dan jendela, serta pegangan tangan di koridor dan tangga. 







Baca juga, Rumah ini Dahulunya Merupakan Bangunan Sekolah!




Sang arsitek merancang TK ini untuk membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak-anak dengan warna. Di siang hari, ketika matahari masuk ke ruang kelas akan menciptakan bayangan berwarna-warni. Sebaliknya, di malam hari, lampu-lampu bercahaya dari interior dalam bangunan keluar dari jendela dan menciptakan pemandangan malam yang indah serta mengesankan.




Baca juga, Instalasi Unik ini ada di Halaman Belakang Sekolah!






Selain ruang kelas, terdapat atrium di lantai tiga yang diterangi oleh kaca besar yang menangkap sinar matahari dan menciptakan permainan dari warna-warni cahaya dan kroma di seluruh interior yang ada. Dimaksudkan sebagai ruang multi-fungsi, atrium dilengkapi dengan pemanas lantai dan sistem pendingin udara.




Baca juga, Telah Berakhir! Legasi Sekolah Frank Lloyd Wright




Tujuan dibangunnya TK ini adalah untuk mengasah kemampuan kreativitas anak-anak yang tak terbatas ini lewat sebuah bangunan yang mengesankan. Dan jika mereka sudah tumbuh dewasa, mereka tetap akan mengingat pemandangan yang spektakuler dari sekolah di kampung halaman mereka.


Sumber foto + teaser: SAKO Architects